Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahulu Bakal Bangun Bandar Udara di Ujoh Bilang

Mahulu sebagai kabupaten yang kaya akan sumberdaya alam dan budaya,maka keberadaan bandara sangat penting sebagai akses bagi wisatawan maupun calon investor untuk datang.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, UJOH BILANG, Mahulu--Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur, berencana membangun bandar udara (bandara) di Kampung Ujoh Bilang.

"Untuk tahap awal ini masih dilakukan sosialiasi pengadaan tanah. Jika dalam sosialisasi pengadaan tanah ini nantinya yang punya tanah tidak setuju, maka batal bandara dibangun di lokasi ini, akan dicari lokasi yang baru. Bila setuju, berarti aman," kata Wakil Bupati Mahulu, Y Juan Jenau di Ujoh Bilang, Rabu (15/5/2019).

Hal itu dikatakan Juan saat membuka acara sosialisasi pengadaan tanah untuk calon Bandara Ujoh Bilang di Kampung Ujoh Bilang. Sosialisasi tersebut dihadiri berbagai pihak antara lain dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Perhubungan, Kejaksaan, Kepolisian, Kepala Kampung Ujoh Bilang, dan pemilik lahan di lokasi calon bandara.

Bandara ini rencananya dibangun di dekat jalan poros antara Kampung Ujoh Bilang dengan Kampung Long Melaham.

Menurut Juan, setidaknya terdapat empat alasan mengapa bandara harus dibangun. Pertama adalah karena Kabupaten Mahulu merupakan kawasan yang berbatasan dengan Malaysia, sehingga daerah ini menjadi beranda terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kedua, karena kawasan Mahulu memiliki  kontur perbukitan dan hutan luas yang sulit diakses dengan jalan darat,  dan sampai sekarang belum bisa ditembus jalan darat. Demikian pula akses melalui sungai yang juga sulit dan memakan waktu lama.

Alasan ketiga adalah untuk membuka keterisolasian daerah, sehingga dengan adanya penerbangan pesawat perintis diharapkan dapat mempermudah angkutan orang maupun barang.

Keempat, lanjut Juan, Mahulu sebagai kabupaten yang kaya akan sumberdaya alam dan budaya untuk diperkenalkan melalui sektor pariwisata, maka keberadaan bandara sangat penting sebagai akses bagi wisatawan maupun calon investor untuk datang ke Mahulu.

"Saya sudah sering berbincang dengan para tamu, termasuk tadi malam. Ada tamu yang mengaku sudah beberapa kali datang dan ada yang baru sekali. Semuanya mengeluh tentang panjangnya rute yang dilalui, terutama harus naik speedboat sekitar 5 jam dari Kutai Barat ke Ujoh Bilang," katanya.

Jika ada bandara, maka waktu tempuh dapat dipersingkat, karena rencananya penerbangan untuk sampai di Bandara Ujoh Bilang bisa dilakukan dari bandara di Balikpapan, Samarinda, maupun Kutai Barat, sehingga tidak melelahkan karena tidak harus lewat darat yang disambung dengan jalur sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper