Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Demplot Pupuk Indonesia Grup Dorong Produktivitas Tanaman Pangan

Penggunaan pupuk berimbang untuk sejumlah komoditi terbukti berhasil meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat.

Bisnis.com, PALEMBANG — Penggunaan pupuk berimbang untuk sejumlah komoditi terbukti berhasil meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat.

Berdasarkan sejumlah demonstration plot (demplot) yang dilakukan oleh anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) yaitu Pupuk Kujang, Pupuk Sriwidjaja Palembang, Petrokimia Gresik, dan Pupuk Kaltim berhasil meningkatkan produktivitas padi, jagung, dan bawang.

Program demplot ini dilakukan sebagai bentuk layanan dan edukasi yang dilakukan oleh Pupuk Indonesia Grup kepada petani untuk mendorong produktivitas lahan dan hasil pertanian masyarakat dengan mengedukasi langsung penggunaan pupuk secara tepat dan berimbang sehingga hasil panen yang didapatkan lebih maksimal.

Hingga April 2019, program demplot ini tercatat telah dilakukan di 109 unit di berbagai wilayah di antaranya Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah sepanjang 2019.

“Dengan jenis tanaman yang berbeda dengan karakteristik lahan yang beragam, maka dibutuhkan pola pemupukan yang sesuai untuk mendorong produktivitas lahan,” jelas Kepala Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia Wijaya Laksana dalam keterangan perusahaan, Selasa (14/5/2019).

Program demplot salah satunya dilakukan oleh Pupuk Kaltim bersama Kelompok Tani Ambalawi Jaya di Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, Nusa Tengara Barat yang terbukti dapat meningkatkan produksi bawang merah hingga 30% atau mencapai 20 ton per ha.

Program demplot ini diterapkan pada lahan seluas 0,25 hektare dengan komposisi pemupukan Urea (Prill Daun Buah) 300 kg/hektare, NPK Phonska 300 kg/hektare dan Pupuk Daun 30 liter/hektare. Perlakuan II (PKT-1) pada lahan 0,25 hektare, dengan komposisi pemupukan Urea 300 kg/hektare, NPK Pelangi 300 kg/hektare, Organik 5.000 kg/hektare dan Ecofert 40 kg/hektare.

Damrus, mewakili Kelompok Tani Ambalawi Jaya, mengatakan program Demplot dengan pola pemupukan berimbang menggunakan produk NPK Pelangi komposisi 16-16-16 dari Pupuk Kaltim. Menurutnya, selama ini petani bawang merah di Kecamatan Ambalawi hanya mampu menghasilkan 15 ton per hektare, itu pun jika didukung cuaca cerah.

Akan tetapi, pada demplot kali ini, meski curah hujan terbilang tinggi, ternyata tidak mempengaruhi hasil panen yang jauh lebih signifikan. “Umbi bawang yang dihasilkan juga jauh lebih besar dari biasanya. Apalagi kalau musim hujan seperti saat ini, pasti banyak yang busuk. Tapi hasil demplot sepertinya tidak terpengaruh curah hujan dan panen tetap maksimal,” ujar Damrus.

Peningkatan produktivitas bawang merah melalui demplot ini disambut antusias Pemerintah Kabupaten Bima melalui Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Indra Jaya. Diungkapkannya, hasil panen bawang merah yang mencapai 20 ton per hektare tidak pernah terjadi di Bima dalam 10 tahun terakhir.

Jika pola pemupukan berimbang menggunakan NPK Pelangi berdasarkan demplot diterapkan petani secara konsisten, bukan hal mustahil Kabupaten Bima akan kembali meraih kejayaan sentra bawang merah di Indonesia.

Program demplot lainnya juga dilakukan di Kabupaten Sumenep oleh Petrokimia Gresik dengan menggunakan NPK Phonska Plus. Program ini terbukti meningkatkan hasil panen padi di wilayah tersebut sebanyak rata-rata 7,2 ton per hektare.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Gapoktan Al-Mawwada Imron fauzi. “Kenaikannya signifikan hingga bertambah 1,5 ton per hektar, karena selama ini saya panen padi di sawah paling hanya 5,7 ton, bahkan pernah hanya mencapai 4,5 ton per hektare.”

Dengan pengaruh positif program demplot terhadap produktivitas lahan dan meningkatkan hasil panen, Wijaya berharap program ini dilakukan secara konsisten terutama di wilayah lumbung padi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper