Kemenhub dan Pemprov Jatim Gelar Rakor Persiapan Mudik di Surabaya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) gelar rapat koordinasi mudik di Jawa Timur (Jatim) yang rencananya akan dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan.
JIBI | 12 Mei 2019 10:24 WIB
Kendaraan melintas di jalan tol Jombang-Mojokerto (Jomo) Desa Tampingmojo, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (21/1/2019). - ANTARA/Syaiful Arif

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah dijadwalkan menggelar rapat koordinasi persiapan angkutan mudik Lebaran 2019 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (12/5/2019).

Pertemuan itu akan dihadiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, dan Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan. Seperti dilansir Tempo, Minggu (12/5), rapat koordinasi (rakor) ini akan dilakukan pukul 10.00 WIB. 

Selain menggelar rakor, Menhub diagendakan melakukan pengecekan di sejumlah titik atas kesiapan Jatim sebagai tujuan mudik Lebaran tahun ini. Menjelang tengah hari, Budi Karya akan terbang ke Kabupaten Sumenep, Madura menggunakan helikopter milik Polda Jawa Timur. 

Di sana, dia bakal melakukan ramp check di kapal perintis Sabuk Nusantara dan menyerahkan dua kapal rede yang akan beroperasi di Pulau Sapudi dan Sapeken. Kedua pulau ini merupakan pulau kecil yang secara administratif tercatat sebagai bagian wilayah Kabupaten Sumenep. 

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksi jumlah pemudik menuju Surabaya dari Jabodetabek pada masa angkutan mudik Lebaran tahun ini mencapai 1,6 juta orang. Jumlah ini setara dengan 11,4 persen dari total pemudik yang diperkirakan menembus 14,9 juta orang.

Kemenhub menyebutkan 40 persen pemudik yang akan pulang kampung melalui jalur darat bakal memanfaatkan Tol Trans Jawa. Tol yang menghubungkan Merak dengan Pasuruan ini bakal melewati sejumlah daerah, seperti Serang, Jakarta-Bogor-Ciawi, Palimanan, Brebes, Pemalang, Batang, Semarang, Salatiga, Solo, Ngawi, Mojokerto, dan Surabaya. 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Sumber : Tempo

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup