Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Argentina Ingin Tiru Smesco Indonesia

Wakil Presiden Republik Argentina Gabriela Michetti terinspirasi pusat pemasaran dan promosi produk unggulan UKM Smesco Indonesia.
Wakil Presiden Republik Argentina Gabriela Michetti terinspirasi pusat pemasaran dan promosi produk unggulan UKM Smesco Indonesia./Bisnis-Agne Yasa
Wakil Presiden Republik Argentina Gabriela Michetti terinspirasi pusat pemasaran dan promosi produk unggulan UKM Smesco Indonesia./Bisnis-Agne Yasa

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Republik Argentina Gabriela Michetti terinspirasi untuk membangun pusat pemasaran dan promosi produk unggulan UKM seperti Smesco Indonesia. 

“Saya melihat gedung ini sangat bagus sebagai pusat pemasaran produk UKM. Saya sudah memiliki rencana untuk membangun gedung semacam ini di negara saya,” kata Gabriela, melalui siaran persnya, Jumat (10/5/2019). 

Gabriela juga mengapresiasi produk-produk kerajinan Indonesia yang dipamerkan di Gedung Smesco. 

“Saya merasa senang bisa berada di sini, suatu kesempatan yang bagus untuk melihat produk kerajinan khas Indonesia. Menurut saya bagus sekali,” ujarnya  

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla adalah pihak yang memperkenalkan Gedung Smesco Indonesia kepada Wapres Argentina.

Mufidah mengatakan aneka produk UKM yang terdisplay di Gedung Smesco ini memiliki kualitas tinggi yang mengikuti tahapan seleksi dari sentra UKM daerah.

“Semua produk yang masuk ke sini melalui tahapan seleksi, jadi kami menjamin kualitasnya,” kata Mufidah.

Gabriela menyempatkan diri mengunjungi Smesco di sela-sela kunjungannya ke Indonesia dalam rangka pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Wapres Gabriela tiba di Gedung Smesco Indonesia, Jumat (10/5/2019) sore.  Turut mendampingi dalam rombongan tersebut di antaranya Dubes Argentina untuk Indonesia Ricardo Bocalandro bersama pejabat diplomat Argentina lainnya.

Kedatangan Wapres Gabriela beserta rombongan disambut oleh Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga, Direktur Utama Smesco Indonesia Emilia Suhaimi, dan Dubes Indonesia untuk Argentina Ninik Kun Naryatie.

Dalam kesempatan tersebut, Bintang Puspayoga mengatakan siapa pun yang datang ke Gedung Smesco bisa melihat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, sebab semua produk UKM unggulan tersedia di sana.

Pihaknya menyediakan ruang di Paviliun Provinsi bagi UKM tanpa dipungut biaya namun hanya dibebani pajak 10%.

“Harga produk yang kami jual di sini sangat murah. Karena kami datangkan langsung dari UKM. Kami tidak mencari keuntungan di sini, semua untuk kepentingan UKM, tapi kualitas produk juga tetap kami ke depankan,” kata Bintang.

Sementara itu, Direktur Utama Smesco Indonesia Emilia mengatakan kunjungan Wapres Gabriela ke Smesco Indonesia bertujuan melihat hasil kerajinan Indonesia.

“Ini merupakan kesempatan pertama bagi beliau [Wapres Gabriela] melihat Gedung Smesco Indonesia. Beliau mengatakan sangat senang melihat kerajinan Indonesia yang terdisplay di sini,” kata Emilia. 

Berbagai demo kerajinan disiapkan untuk menyambut kedatangan Wapres Gabriela bersama rombongan ke Gedung Smesco Indonesia. Antara lain demo membuat songket, membuat renda bangku, demo menyulam tangan, membatik, tenun Baduy, kerajinan perca dan kerajinan lainnya yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Terdapat juga demo pembuatan wire accessories berbahan dasar kawat dan batu alam Indonesia, serta demo perca sisa potongan kain tekstil yang disusun dan digabungkan mengikuti pola berulang sehingga menghasilkan home decor yang menarik.

Demo menenun yakni proses pembuatan kain mentah yang terbuat dari benang lusi dan benang pakan juga dilakukan, berikut demo tenun baduy asal Banten yang dibuat secara turun temurun. 

Wapres Gabriela juga mengunjungi Paviliun Provinsi Bali, Sumsel, NTB, Kalteng, Papua, Yogyakarta, Jabar, Sulsel, Sumut, Aceh, Jatim, dan Babel.

Selain itu, Wapres Gabriela meninjau Rumah Sarung Indonesia yang memamerkan koleksi sarung dari berbagai provinsi di Indonesia.

,Wapres Gabriela juga meninjau fungsi layanan digital e-commerce yang ditujukan untuk mempersiapkan produk-produk UKM agar siap untuk promosi online dan e-commerce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper