Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Loopline Bakal Kerek Kapasitas Angkut Kereta Komuter Hingga 2 Juta

Jalur kereta loopline akan membuat persinggungan jalur kereta komuter Jabodetabek menjadi minimal karena dibuat dengan konstruksi layang.
/Antara
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Adhi Karya Tbk. memperkirakan jumlah penumpang kereta komuter bisa meningkat hingga 2 juta per hari berkat kehadiran jaringan kereta lingkar Jakarta atau loopline.

Direktur Utama Adhi Karya, Budi Harto mengatakan jalur kereta akan membuat persinggungan jalur kereta komuter Jabodetabek menjadi minimal karena dibuat dengan konstruksi layang. Saat ini ada beberapa titik persinggungan kereta Jabodetabek, antara lain Manggarai, Tanah Abang, dan Jatinegara.

"Jadi nanti headway kereta lebih banyak sehingga bisa meningkatkan kapasitas angkut yang ada di jalur radial. Sekarang kan [kapasitas]1,2 juta [per hari], nanti jadi 2 juta [per hari]," jelas Budi di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Budi menuturkan, Adhi Karya tidak sendirian dalam menggarap proyek kereta loopline. Perusahaan bersandi saham ADHI ini menggandeng PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. dan PT Wijaya Karya Tbk. dalam sebuah konsorsium.

Dalam catatan Bisnis.com, ADHI masih menyusun studi kelayakan atau feasibility study dan diharapkan rampung pada Juni 2019. Direktur Operasi II Adhi Karya, Pundjung Setya Brata sebelumnya mengatakan studi diperpanjang karena ada beberapa aspek yang harus dihitung secara cermat.

"[Aspek krusial dalam penyusunan FS] pematangan aspek passenger demand, willingness to pay dan integration operating system," jelasnya kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper