Investasi Sektor Logistik Membeludak Kuartal I/2019, Asing Dominan

Realisasi investasi di sektor transportasi dan logistik ini tumbuh signifikan terutama dari investasi penanam modal asing (PMA)
Rinaldi Mohammad Azka | 09 Mei 2019 18:46 WIB
Ilustrasi - Kendaraan melintas di jalan tol Pejagan-Pemalang, Brebes Timur, Jawa Tengah, Kamis (9/5/2019). - ANTARA/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Realisasi investasi sektor transportasi, pergudangan dan telekomunikasi yang merepresentasikan sektor transportasi dan penunjang logistik tumbuh signifikan pada kuartal I/2019 menjadi Rp37,3 triliun dibandingan kuartal I/2018 yang hanya Rp14,7 triliun. Realisasi ini didominasi investasi asing yang naik 4 kali lipat.


Data yang dirilis Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini menunjukkan realisasi investasi di sektor transportasi dan logistik ini tumbuh signifikan terutama dari investasi penanam modal asing (PMA) yang hanya US$327,9 juta pada kuartal I/2018 naik 4 kali lipat menjadi US$1,64 miliar pada kuartal I/2019.


Sementara itu, realisasi investasi dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) turut meningkat, menjadi Rp12,7 triliun tumbuh 24,6% dibandingkan dengan kuartal I/2018 yang mencapai Rp10,2 triliun.


Plt. Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman ModaI, BKPM Farah Ratnadewi Indriani menuturkan, sektor ini terutama tumbuh karena adanya aktivitas realisasi pembangunan jalan tol.


"Sektor transportasi, pergudangan dan telekomunikasi rinciannya mencakup juga angkutan bisa angkutan laut dan kereta, juga mencakup pembangunan jalan tol serta telekomunikasi," terangnya kepada Bisnis, Kamis (9/5/2019).


Dia menuturkan, BKPM bersama dengan pemerintah daerah dan kementerian/lembaga terkait akan terus melakukan pengawalan investasi dalam rangka fasilitasi kendala investasi dan upaya percepatan peningkatan realisasi inveslasi.


"Kami persilakan bagi investor yang mengalami permasalahan dalam merealisasikan investasinya, dapat berkomunikasi atau datang langsung ke kantor BKPM.” jelasnya.

Sektor tersebut menjadi sektor dengan realisasi investasi terbesar dibandingkan dengan sektor lainnya.


Realisasi investasi PMDN dan PMA berdasarkan sektor usaha terbesar yakni, transportasi, gudang, dan telekomunikasi sebesar Rp 37,3 triliun; listrik, gas, dan air mencapai Rp 33,2 triliun; konstruksi sebesar Rp19,5 triliun; perumahan, kawasan Industri dan perkantoran sebesar Rp 18,8 triliun; serta pertambangan sebesar Rp15,1 triliun. 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
investasi, jalan tol, logistik, investasi asing

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup