Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peminat Meluber, Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Jadi 30.000 Tiket

Pelindo III menambah kuota mudik gratis dari semula 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis menjadi 30.000 tiket.
Ilustrasi - KM Kelimutu/Antara-PT PELNI
Ilustrasi - KM Kelimutu/Antara-PT PELNI

Bisnis.com, JAKARTA - Pelindo III menambah kuota mudik gratis dari semula 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis menjadi 30.000 tiket.


Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, penambahan itu dilakukan seiring dengan tingginya animo pemudik yang mendaftar pada program mudik gratis tahun ini. 


"Penambahan itu sesuai dengan perkiraan kebutuhan di lapangan,” katanya melalui siaran pers, Rabu (8/5/2019).


Dia memaparkan, kuota mudik gratis yang disediakan Pelindo III terus meningkat setiap tahun. Pada 2017, BUMN operator pelabuhan itu memberangkatkan sekitar 6.000 orang, kemudian meningkat menjadi 14.000 orang tahun lalu 


Pelindo III akan bersinergi BUMN dengan PO Damri dan operator bus swasta lainnya untuk menambah tiket bus gratis keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.


Dari total 30.000 tiket gratis, 2.000 di antaranya merupakan tiket kapal laut yang dilayani oleh kapal-kapal Pelni dan sisanya 28.000 tiket bus Damri dari pelabuhan ke berbagai kota tujuan mudik di Pulau Jawa. 


Jadi, ada tiket gratis untuk lima rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa, yakni dari Kumai-Tanjung Perak, Kumai–Tanjung Emas, Sampit–Tanjung Perak, Sampit–Tanjung Emas, dan Batulicin–Tanjung Perak. 


Semua dilayani oleh kapal milik Pelni, yakni KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, dan KM Egon. Pada setiap rute kapal laut itu, tersedia 200-300 tiket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tertentu yang dimulai H-6 Lebaran.


Begitu tiba di pelabuhan, pemudik kapal laut bisa langsung melanjutkan naik bus gratis dari Pelabuhan Tanjung Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas. Di Tanjung Perak, tersedia bus untuk lima jurusan ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, dan Jember. Adapun di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, tersedia bus dengan tujuan ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, dan Purwodadi. 


Doso mengimbau agar calon pemudik dapat segera mendaftarkan diri via internet atau online ke alamat situs website resmi mudik pelindo atau via aplikasi dengan mengunduh (download) aplikasi “Mudik Pelindo III” di Google Play. 


Setelah terdaftar secara online, calon pemudik dapat mengambil tiket kapal di terminal penumpang pelabuhan keberangkatan dengan menunjukkan kartu identitas resmi (KTP atau copy KK) sebagai bukti. 


Masyarakat dan calon pemudik yang membutuhkan informasi dapat menghubungi call center: 082228448880 atau menemui petugas yang bersiaga di pelabuhan keberangkatan dan kedatangan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper