Pemotor yang Ingin Mudik Gratis via Kapal Masih Bisa, Ini Jadwalnya

Kuota arus mudik pesepeda motor rute Jakarta--Semarang pada 30 Mei dan 1 Juni 2019 sudah terisi penuh.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 09 Mei 2019  |  18:05 WIB
Pemotor yang Ingin Mudik Gratis via Kapal Masih Bisa, Ini Jadwalnya
Ilustrasi - Pemudik bersiap memasuki kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menambah satu lagi perjalanan (voyage) mudik gratis pesepeda motor dengan kapal laut menyusul minat masyarakat yang tinggi.


Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Wisnu Handoko mengatakan, kuota arus mudik pesepeda motor rute Jakarta--Semarang pada 30 Mei dan 1 Juni 2019 sudah terisi penuh. 


"Melihat hal tersebut, pemerintah membuka 1 voyage lagi dengan kapal dan rute yang sama pada 3 Juni 2019," ujarnya, Selasa (7/5/2019).


Begitu pula dengan jadwal kapal pada arus balik Semarang--Jakarta ditambah pada 12 Juni karena jadwal 8 dan 10 Juni sudah penuh. Penambahan jadwal itu menjadikan total kuota secara keseluruhan untuk sepeda motor menjadi 6.000 unit dan 12.000 penumpang.


Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Ahmad Wahid mengatakan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siap menerima kedatangan para pemudik yang menggunakan kapal laut.


Ahmad mengatakan, pilihan menggunakan kapal laut untuk masyarakat yang akan mudik dengan sepeda motor ke Kota Semarang dan sekitarnya adalah pilihan bijak karena ikut mendukung program pemerintah untuk mengurangi beban kepadatan jalan raya selama arus mudik.


"Kami juga mengimbau agar pemudik motor tidak membawa barang yang berlebihan karena selain berbahaya bagi pemudik saat berkendara, juga menyebabkan pengaturan di kapal menjadi lebih lama," kata Ahmad.


Berikut adalah beberapa informasi penting terkait ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemudik yang ingin mendaftar mudik gratis dengan kapal:


1) Pendaftaran Mudik Gratis bagi pengendara sepeda motor dapat dilakukan secara Online mulai 8 April 2019 s.d. 15 Mei 2019, melalui website : mudikgratis dephub,  Isi data dan lengkapi persyaratan lalu dapatkan kode booking lalu bawa kode booking ke tempat verifikasi untuk mendapatkan tiket mulai dari 11 April s.d 18 Mei 2019.


2) Pendaftaran langsung dilakukan dengan membawa persyaratan seperti KTP, SIM C, STNK, KK asli pada tanggal 15 Mei s.d 29 Mei 2019 pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB. (Setiap hari, selama kuota masih tersedia) 


3) Adapun Lokasi Verifikasi Dan Pendaftaran Langsung dilakukan di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjung Priok, di Jl. Panaitan no. 105 Tanjung Priok Jakarta Utara dan Kantor pusat Kementerian Perhubungan, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kapal, pelayaran, Mudik Lebaran

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top