Menteri PUPR: Jalan Tol Tetap Jadi Prioritas hingga 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pembangunan jaringan jalan tol akan tetap menjadi prioritas dalam agenda pembangunan hingga 2024.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 09 Mei 2019  |  23:02 WIB
Menteri PUPR: Jalan Tol Tetap Jadi Prioritas hingga 2024
Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melaksanakan kewajibannya memberikan suaranya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di TPS O1, Komplek Widya Chandra, Jakarta, Rabu (17/4/2019). JIBI/Bisnis - Rinaldi M Azka

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pembangunan jaringan jalan tol akan tetap menjadi  prioritas dalam agenda pembangunan hingga 2024.

Infrastruktur perlu terus dibangun untuk meningkatkan daya saing nasional.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam lima tahun depan, pembangunan jalan baik jalan tol maupun jalan bukan tol bakal terus digalakkan untuk meningkatkan konektivitas.

Pembangunan jaringan jalan yang massif dalam lima tahun terakhir menurut Basuki telah menurunkan biaya logistik.

Kendati demikian, jaringan jalan tetap perlu dibangun agar konektivitas bisa semakin cepat.

"Persaingan sekarang bukan yang besar dengan yang kecil. Tapi siapa yang cepat [bisa memenangkan persaingan]," ujarnya di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Basuki menggambarkan, keberadaan jalan tol Trans Jawa telah membuka peluang usaha baru dan meningkatkan efisiensi bagi pelaku usaha.

Dia mencontohkan, vendor pemasok aban kebutuhan industri di Klaten bisa mengirim produknya lebih cepat ke Cikarang. Usaha transportasi di Jawa Tengah dan Jawa Timur juga menggeliat karena waktu tempuh antarkota  semakin singkat.

Untuk diketahui, jalan tol Trans Jawa telah tersambung sepanjang 944 kilometer. Jalan tol menghubungkan Merak hingga Probolinggo. Secara keseluruhan, panjang jalan tol beroperasi di Indonesia mencapai 1.744 kilometer.

Berdasarkan data Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, hingga 2024 rencana pembangunan jalan tol baru mencapai  4.479,33 kilometer.Pembangunan jalan tol sepanjang itu bakal menelan biaya hingga Rp671,8 triliun.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, Kementerian PUPR

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top