Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surplus Perdagangan China Tidak Sesuai Ekspektasi

China mencatatkan surplus perdagangan yang jauh dari ekspektasi pada April. Pada saat yang sama, kegiatan ekspor menurun secara tidak diduga dan impor menguat.
Yuan/Bloomberg
Yuan/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - China mencatatkan surplus perdagangan yang jauh dari ekspektasi pada April. Pada saat yang sama, kegiatan ekspor menurun secara tidak diduga dan impor menguat.

Data bea cukai yang dirilis pada Rabu (8/5/2019) menunjukkan, surplus perdagangan China pada April mencapai US$13,84 miliar.

Angka tersebut jauh lebih rendah dari perkiraan US$35 miliar berdasarkan hasil survei Reuters terhadap sejumlah ekonom. Tak hanya itu, capaian tersebut juga berada di bawah realisasi pada Maret lalu yang mencapai US$32,65 miliar.

Di samping itu, kegiatan perdagangan yang dilaporkan Kepabeanan China menunjukkan bahwa ekspor menurun 2,7 persen secara tahunan pada April, lebih tinggi dari perkiraan ekonom pada kisaran 2,3 persen.

Adapun kegiatan impor justru menguat pada April dengan kenaikan sebesar 4 persen secara tahunan jika dibandingkan dengan pelemahan 7,6 persen pada bulan sebelumnya.

Kenaikan tersebut mengindikasikan beberapa peningkatan dalam permintaan domestik setelah Beijing meluncurkan lebih banyak stimulus, seperti pengeluaran yang lebih tinggi untuk pembangunan jalan, kereta api, dan pelabuhan.

Untuk perdagangan bilateral dengan AS, China meraup kenaikan surplus senilai US$21,02 miliar dari US$20,5 miliar pada Maret.

Investor berharap bahwa data perdagangan China pada April akan memperkuat tanda-tanda bahwa ekonomi mulai stabil, dan meredakan kekhawatiran tentang ancaman pertumbuhan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper