Permintaan Lahan Industri Jabodetabek Meningkat

Permintaan lahan industri di kawasan Jabodetabek dan Karawang mencapai sekitar 100 hektare pada kuartal I/2019.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 08 Mei 2019  |  17:00 WIB
Permintaan Lahan Industri Jabodetabek Meningkat
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan pabrik di Cibinong, Jawa Barat. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—Permintaan lahan industri di kawasan Jabodetabek dan Karawang mencapai sekitar 100 hektare pada kuartal I/2019.

Sanny Iskandar, Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI), mengatakan bahwa dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu, terdapat peningkatan. Pada kuartal I/2018, penjualan lahan industri hanya seluas 11,27 hektare.

“Peningkatan pada kuartal I ini seasonal saja. Untuk perbandingan dengan tahun lalu sebaiknya menunggu sampai periode setahun penuh,” ujarnya Rabu (8/5/2019).

Berdasarkan data Colliers International yang dibagikan oleh Kementerian Perindustrian, sepanjang 3 bulan pertama tahun ini serapan lahan industri banyak terdapat di Serang, Bekasi, dan Karawang.

Apabila dirinci, Modern Cikande mencatatkan transaksi paling besar dengan penjualan lebih dari 60 hektare. Setelahnya, disusul Greenland International Industrial Centre yang mendekati 20 hektare.

Aktivitas industri manufaktur pada periode yang sama dilaporkan didominasi oleh sektor makanan dengan kontribusi sebesar 37%, diikuti oleh sektor tekstil sebesar 29%, dan sektor yang berhubungan dengan baja sebesar 10%.

Sebelumnya, Sanny menyatakan penurunan serapan lahan industri pada tahun lalu dipengaruhi oleh perlambatan ekonomi global. Hingga akhir tahun 2018, penjualan lahan industri sekitar 180 hektare, sedangkan setahun sebelumnya mencapai 250 hektare.

Pada tahun ini HKI berharap penjualan bisa mencapai 250—330 hektare.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kawasan industri

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top