Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla Proyeksikan Kelangkaan Global Logam Baterai Kendaraan Listrik

Tesla Inc memproyeksikan bahwa pasar global akan menghadapi kelangkaan nikel, tembaga, dan mineral baterai kendaraan listrik lainnya karena kurangnya investasi di sektor pertambangan.
Penambangan Freeport di Papua/Antara-Puspa Perwitasari
Penambangan Freeport di Papua/Antara-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, WASHINGTON - Tesla Inc memproyeksikan bahwa pasar global akan menghadapi kelangkaan nikel, tembaga, dan mineral baterai kendaraan listrik lainnya karena kurangnya investasi di sektor pertambangan, menurut dua sumber Reuters.

Sarah Maryssael, Manajer Suplai Global Tesla untuk Logam Baterai, mengatakan bahwa industri pembuat mobil melihat kekurangan mineral kunci untuk kendaraan listrik di masa mendatang.

Maryssael mengatakan hal itu pada sebuah konferensi tertutup di Washington tentang para penambang, pembuat peraturan dan pembuat undang-undang, Kamis (2/5/2019).

Perusahaan, konsumen mineral utama, jarang berbicara secara terbuka tentang pandangannya tentang industri logam. Tembaga, nikel, litium, dan mineral terkait adalah komponen utama untuk membuat baterai kendaraan listrik.

Menurut juru bicara Tesla, komentar itu spesifik untuk industri dan merujuk pada tantangan pasokan jangka panjang yang mungkin terjadi sehubungan dengan logam-logam ini.

Industri tembaga telah menderita karena kurangnya investasi selama bertahun-tahun, dan saat ini sedang bekerja keras untuk mengembangkan tambang baru dan membawa pasokan segar ketika tren elektrifikasi menyelimuti ekonomi global.  Freeport-McMoRan Inc, produsen tembaga terbesar di dunia, berkembang di Amerika Serikat dan Indonesia.

Mobil listrik menggunakan tembaga dua kali lebih banyak daripada mesin pembakaran internal. Apa yang disebut sistem rumah pintar - seperti termostat Alphabet Inc Nest dan asisten pribadi Alexa.com Inc - akan mengkonsumsi sekitar 1,5 juta ton tembaga pada 2030, naik dari 38.000 ton hari ini, menurut data dari konsultan BSRIA.

Semua itu akan membuat logam merah - dan mineral lainnya - komoditas langka, yang membuat Tesla khawatir.

Maryssael menambahkan, menurut sumber, bahwa Tesla akan terus lebih fokus pada nikel, bagian dari rencana oleh Kepala Eksekutif Elon Musk untuk menggunakan lebih sedikit kobalt dalam katoda baterai.

Cobalt terutama ditambang di Republik Demokratik Kongo, dan beberapa teknik ekstraksi - terutama yang menggunakan pekerja anak - telah membuat penggunaannya sangat tidak populer di industri baterai, terutama dengan Musk.

Maryssael mengatakan kepada konferensi tersebut, yang diselenggarakan oleh pelacak penetapan harga komoditas Benchmark Minerals Intelligence, bahwa ada "potensi besar" untuk bermitra dengan tambang di Australia atau Amerika Serikat, menurut sumber.

Australia akhir tahun lalu menandatangani kesepakatan awal dengan Amerika Serikat untuk mendukung penelitian bersama dan pengembangan mineral yang dianggap penting bagi ekonomi A.S.

Konferensi ini, dihadiri oleh lebih dari 100 orang, menampilkan pembicara dari Departemen Luar Negeri AS dan Departemen Energi, serta Standard Lithium Ltd, ioneer Ltd dan perusahaan lain yang bekerja untuk mengembangkan tambang lithium A.S.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper