Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMC Resmi Operasikan Depo Peti Kemas di Pelabuhan Tanjung Perak

PT Berkah Multi Cargo (BMC) secara resmi mengoperasikan depo peti kemas sebagai pendukung penumpukan kontainer di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak.
Ilustrasi - Aktivitas bongkar muat di dermaga Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS), Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/10/2018)./ANTARA-Zabur Karuru
Ilustrasi - Aktivitas bongkar muat di dermaga Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS), Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/10/2018)./ANTARA-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - PT Berkah Multi Cargo (BMC), anak perusahaan PT Pelindo III, secara resmi mengoperasikan depo peti kemas sebagai pendukung penumpukan kontainer di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak.  


Mengutip siaran pers, Jumat (3/5/2019), Direktur Utama PT BMC Johanes Wahyu Hertanto menyebut depo peti kemas dengan luas 1,3 hektare itu akan diperuntukkan bagi peti kemas internasional, baik ekspor maupun impor.
 
“Secara kapasitas, lapangan penumpukan peti kemas ini dapat menampung 2.500 TEUs. Depo ini juga dilengkapi reefer plug bagi peti kemas-peti kemas yang memiliki fitur pendingin,” katanya.


Dia mengatakan, pengelolaan dan pengoperasian seluruh depo akan dilakukan langsung oleh PT BMC. Langkah itu akan menambah portofolio perusahaan yang dipimpinnya dalam operasional pelabuhan setelah sebelumnya BMC dipercaya Pelindo III untuk mendukung kegiatan transshipment di Pelabuhan Tanjung Perak.

Lapangan penumpukan peti kemas yang diresmikan pada Kamis (2/5/2019) itu merupakan lapangan pertama yang dikelola langsung oleh BMC.  “Secara bisnis kami merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang multimoda transportasi. Artinya, kami juga menjadi bagian dari mata rantai logistik,” jelasnya.


Setelah pengoperasian lapangan peti kemas di Surabaya, BMC ingin menambah portofolio dengan mengelola dan mengoperasikan lapangan penumpukan di wilayah lain. Semarang dan Banjarmasin akan menjadi lokasi ekspansi bisnis BMC.


Direktur Teknik Pelindo III Joko Noerhudha mengatakan bahwa pengoperasian lapangan peti kemas oleh BMC merupakan bentuk dukungan unit bisnis Pelindo III dalam mendukung operasional pelabuhan. Menurutnya, sinergi antarinduk dan anak usaha ini akan mempersingkat waktu layanan sehingga akan berpengaruh pada layanan pelabuhan secara keseluruhan.


“Pengguna jasa sekarang memiliki banyak pilihan lapangan penumpukan peti kemas di sekitar wilayah Pelabuhan Tanjung Perak. Kami minta PT BMC untuk menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaiknya kepada para pengguna jasa," tuturnya.


Saat peresmian depo, BMC juga meluncurkan brand baru dengan nama Pelindo Logistic dengan harapan dapat mendukung Pelindo III secara penuh dalam mata rantai logistik di Indonesia.  Sebelumnya, BMC dikenal sebagai pihak yang akan menyediakan kontainer mini untuk dapat mendukung program tol laut yang digagas oleh pemerintah.


Berpusat di Surabaya, BMC yang bergerak dalam bidang multimoda transportasi selama ini menyediakan layanan bisnis, mulai dari trucking, relokasi alat berat, penyediaan jasa kepabeanan, dan beberapa usaha terkait lain.  
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper