Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembangan Blok Sakakemang Didukung Infrastruktur Eksisting

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan bahwa pengembangan Blok Sakakemang sampai tahap berproduksi didukung oleh fasilitas minyak dan gas bumi yang berada di sekitar wilayah kerja migas tersebut
Blok migas/Ilustrasi
Blok migas/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan bahwa pengembangan Blok Sakakemang sampai tahap berproduksi didukung oleh fasilitas minyak dan gas bumi yang berada di sekitar wilayah kerja migas tersebut.

Wakil Kepala SKK Migas Sukandar mengaku diuntungkan dengan keberadaan jaringan pipa gas di Sumatra Selatan, terutama untuk ukuran 30 inci, 32 inci dan seterusnya. Selain itu, dengan jarak yang relatif tidak jauh, memungkinkan produksi migas Sakakemang cepat dilakukan.

“Ada pemikiran discovery itu sampai produksi sampai puluhan tahun, kami lagi coba agar dari discovery sampai produksi gas itu 3 tahun. Terus terang kami beruntung di Sumatra Selatan,” katanya, Selasa (30/4/2019).

Sukandar menjelaskan jarak sumur yang dibor dengan discovery yang tidak terlalu jauh juga menjadi faktor proses produksi dapat lebih cepat. Tidak sampai di situ, proses pemisahan karbon dioksida dengan migas yang tidak terlalu sulit, dan pembangunan fasilitas yang memakan waktu sekitar 3 tahun.

Faktor-faktor tersebut menjadi pertimbangan mengapa penemuan gas di Sakakemang dapat ditindaklanjuti dalam 3 tahun mendatang. Selain terkait pembangunan fasilitas pendukung, aspek pembeli gas juga telah dikalkulasi.

Menurutnya, pencarian pembeli dan proses perjanjian jual beli gas (PJBG) tidak memakan waktu lama. Pasalnya, konsumen di industri pupuk ataupun penyaluran gas ke kilang Pertamina, masih terbuka lebar. 

“Saat ini memang dipasok oleh ConocoPhillips [Blok Corridor], namun kami liat masih ada potensi termasuk konsumen industri di Jawa Barat, karena sudah ada pipa dari Sumatra ke Jawa,” tambahnya.

Sementara itu, Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Arizon Suardin mengatakan fokus di Sakakemang dan blok migas lainnya, SKK Migas memprioritaskan penggunaan fasilitas yang ada di sekitar area penemuan.

“Kami semua sudah cari jalan supaya fasilitas-fasilitas yg tersedia di sekitar penemuan bisa digunakan bersama, itu prioritas utama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper