Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangerang Siapkan Konservasi Monyet di Solear

Tujuan konservasi itu tidak hanya bidang pariwisata tapi ada perlindungan terhadap hewan berekor panjang tersebut.
Monyet/Antara
Monyet/Antara

Bisnis.com, TANGERANG--Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, berencana membentuk kawasan konservasi monyet di Kecamatan Solear karena dapat bermanfaat untuk salah satu destinasi wisata.

"Karena habitat hewan primata itu paling banyak di Kecamatan Solear, " kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik di Tangerang, Selasa (30/4/2019).

Achmad mengatakan monyet jenis ekor panjang juga terdapat di Kecamatan Cisoka yang letaknya berbatasan langsung dengan Kecamatan Solear. Namun, hewan tersebut mendiami areal wisata religi berupa makam tokoh agama setempat dalam jumlah yang mencapai ratusan ekor.

Menurut dia, untuk itu perlu ada perlindungan hewan pada dua kecamatan tersebut agar dapat dijadikan sebagai kawasan wisata.

Pihaknya melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan instansi terkait lainnya supaya areal tersebut dapat memiliki payung hukum untuk ditetapkan sebagai kawasan konservasi. Sedangkan tujuan konservasi itu tidak hanya bidang pariwisata tapi ada perlindungan terhadap hewan berekor panjang tersebut.

Dia menambahkan keberadaan monyet di Solear dan Cisoka memiliki  makna yakni memberikan dampak positif kepada wisatawan yang datang berkunjung.

"Dampak negatif kadang hewan itu menyerang penduduk setempat, ini yang menjadi persoalan, membuat petugas menjadi repot karena dapat mencederai anak-anak akibat gigitannya," katanya.

Sementara itu, Ketua Harian Badan Pimpinan Cabang Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (BC-PHRI) Kabupaten Tangerang, Sunarjana mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya pemerintah setempat menjadikan Solear kawasan konservasi.

Sunarjana menambahkan jika terwujud, maka pihaknya berupaya untuk mendatangkan wisatawan melalui mitra usaha ke areal tersebut.

Sebelumnya, Pemkab Tangerang berupaya menggandeng pihak swasta membangun obyek wisata Danau Cigaru di Kecamatan Cisoka supaya lebih banyak dikunjungi turis dalam negeri dan mancanegara.

Danau Cigaru merupakan bekas penambangan pasir milik penduduk setempat, tapi pada tiga danau itu yang berdekatan terdapat air berwarna biru, putih dan kecoklatan, ini yang merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper