Pelindo III Gratiskan 17.500 Tiket Kapal dan Bus Mudik. Dafar di Sini

Pelindo III menyiapkan 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis untuk masyarakat pada musim mudik Idulfitri 2019.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 29 April 2019  |  05:01 WIB
Pelindo III Gratiskan 17.500 Tiket Kapal dan Bus Mudik. Dafar di Sini
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kempat kanan) bersama Dirut PT Pelni Elvin Goentoro (kelima kanan) meninjau mudik sepeda motor dengan KM Dobonsolo, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (21/6/2017). Pemerintah bekerja sama dengan PT Pelni (Persero) memberangkatkan 971 sepeda motor dan 2.069 penumpang dengan KM Dobonsolo melalui program mudik gratis pengendara sepeda motor rute Jakarta-Semarang. - Antara/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA – Pelindo III menyiapkan 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis untuk masyarakat pada musim mudik Idulfitri 2019. 

Jumlah tiket gratis yang disediakan terus meningkat selama tiga tahun terakhir. Pada 2017, Pelindo III memberangkatkan sekitar 6.000 orang. Jumlah meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi sekitar 14.000 orang pada 2018. Tahun ini, Pelindo III menyediakan 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis.

VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata memerinci 17.500 tiket gratis terdiri atas 2.000 tiket kapal laut yang dilayani oleh kapal-kapal Pelni dan 15.500 tiket bus Damri dari pelabuhan ke berbagai kota tujuan mudik di Pulau Jawa.

Tiket gratis kapal laut berlaku untuk lima rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa, yakni dari Kumai–Tanjung Perak, Kumai–Tanjung Emas, Sampit–Tanjung Perak, Sampit–Tanjung Emas, dan Batulicin–Tanjung Perak. Semua dilayani oleh kapal milik Pelni, yakni KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, dan KM Egon. 

"Pada masing-masing rute kapal laut tersedia 200-300 tiket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tertentu yang dimulai H-6 Lebara,” jelas Wilis dalam siaran pers Minggu (28/4/2019).

Dia melanjutkan, begitu tiba di pelabuhan, pemudik kapal laut bisa langsung naik bus gratis yang telah disediakan. Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, tersedia 10.000 tiket bus gratis untuk lima jurusan, yakni ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, dan Jember. Adapun di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, ada 5.500 tiket dengan tujuan ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, dan Purwodadi. Bus gratis di kedua pelabuhan yang dikelola Pelindo III itu akan tersedia mulai H-6 Lebaran.

Calon pemudik dapa mendaftarkan diri secara online ke website resmi, yakni mudik.pelindo.co.id atau via aplikasi dengan mengunduh aplikasi Mudik Pelindo III di Google Play.

Setelah terdaftar secara online, calon pemudik dapat mengambil tiket kapal di terminal penumpang pelabuhan keberangkatan dengan menunjukkan kartu identitas resmi (KTP atau SIM) sebagai bukti. Jadwal keberangkatan kapal sesuai dengan jadwal kapal yang tercantum di tiket Pelni.

Begitu pula untuk calon pemudik dengan moda bus. Setelah terdaftar secara online, calon penumpang dapat mengambil tiket bus gratis di pelabuhan kedatangan (Tanjung Perak dan Tanjung Emas) dengan menunjukkan KTP atau SIM, serta Tiket Pelni untuk pemudik gratis moda kapal laut yang melanjutkan perjalanan dengan bus gratis.

Masyarakat yang membutuhkan informasi dapat menghubungi call center 082228448880 atau menemui petugas yang bersiaga di pelabuhan keberangkatan dan kedatangan.

“Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III akan diasuransikan sebagai fasilitas proteksi yang menyeluruh," kata Wilis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo iii, Mudik Lebaran

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup