Jalan Trans-Kalimantan Poros Tengah Kalteng Rusak Parah

Kerusakan jalan terutama di lokasi yang menghubungkan Palangka Raya dengan wilayah Kabupaten Pulang Pisau - Kabupaten Gunung Mas dan tiga kabupaten di daerah aliran sungai (DAS) Barito.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 April 2019  |  12:02 WIB
Jalan Trans-Kalimantan Poros Tengah Kalteng Rusak Parah
ilustrasi Jalan rusak. - Antara/Syifa Yulinnas

Bisnis.com, PALANGKA RAYA--Kondisi jalan trans-Kalimantan poros tengah di Provinsi Kalimantan Tengah dalam kondisi rusak, sehingga membutuhkan penanganan cepat, terlebih menghadapi peningkatan arus mudik-balik Lebaran.

Hasil pantauan di Kalteng pada Minggu (29/4/2019), kerusakan jalan tersebut terutama di lokasi yang menghubungkan Palangka Raya dengan wilayah Kabupaten Pulang Pisau - Kabupaten Gunung Mas dan tiga kabupaten di daerah aliran sungai (DAS) Barito.

Terpantau kerusakan cukup parah pada ruas yang menghubungkan Pahandut, seberang Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya menuju Bukit Rawi Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng.

Warga yang setiap hari melalui ruas jalan tersebut berharap ada penanganan cepat dalam perbaikan jalan, terlebih menghadapi Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Selain turunnya urukan di sisi kiri-kanan jalan, banyak terdapat lobang menganga cukup lebar pada bagian tengah aspal jalan lintas yang menghubungkan Palangka Raya sebagai Ibu kota Provinsi Kalteng dengan daerah pemukiman penduduk lima kabupaten.

Ketinggian air Sungai Kahayan yang naik saat hujan dan banjir bandang di hulu sungai pedalaman membuat ruas jalan ikut terendam dan akibatnya kendaraan darat harus naik ferry darurat untuk bisa lewat.

Ruas jalan yang menghubungkan Pahandut Seberang Palangka Raya- Bukit Rawi Kabupaten Pulang Pisau tersebut cukup ramai dilalui kendaraan karena terdapat rumah sakit jiwa Kalawa Ate milik Pemprov Kalteng dan Sekolah Polisi Negara di bawah Polda Kalteng.

Ruas jalan tersebut juga merupakan lalu lintas perdagangan komuditas hasil hutan, perkebunan dan juga emas hasil tambang rakyat yang marak di daerah aliran sungai wilayah Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Gunung Mas untuk dibawa dan dijual ke Palangka Raya dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pemprov Kalteng saat ini juga sedang melaksanakan pekerjaan jalan menghubungkan Kabupaten Kotawaringin Barat-Kabupaten Sukamara dan ke Kabupaten Lamandau.

Selain itu juga pekerjaan peningkatan ruas jalan trans-Kalimantan poros selatan Kalteng menghubungkan Palangka Raya-Kapuas-Banjarmasin, Kalsel.

Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran ketika membuka Rakordal pembangunan semester 1 di Palangka Raya, Kamis (25/4) menyatakan prioritas pembangunan infrastruktur jalan terus dilanjutkan hingga seluruh masyarakat di provinsi itu hingga yang tinggal di pedalaman dapat merasakan hasil pembangunan.

“Bagi saya pembangunan infrastruktur untuk mengatasi keterisolasian daerah sangat penting, sama pentingnya dengan meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah ini,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan rusak, trans kalimantan

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top