Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ITB Gandeng Tsinghua University Wujudkan Pulau Penyu Bali Jadi Taman Teknologi

Apple dan Google telah bersedia menjadi tenant. Demikian pula dengan perusahaan-perusahaan rintisan dalam negeri siap melakukan program inkubasi di atas lahan seluas 500 hektare tersebut.

Bisnis.com, BEIJING--Institut Teknologi Bandung bersama dengan Tsinghua University segera mewujudkan taman teknologi di Pulau Penyu, Bali, setelah keduanya menandatangani nota kesepahaman di Beijing akhir pekan lalu.

"Kami perkirakan pembangunannya selesai dalam waktu dua tahun ke depan," kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di Beijing, Minggu (28/4/2019).

Kerja sama tersebut juga melibatkan PT Kura-Kura Bali selaku pengelola pulau yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Badung itu.

"Nanti di situ akan dibangun semacam 'digital hub'. Kalau di Jakarta sudah ada di BSD. Cuman di Pulau Penyu itu ada keterlibatan perguruan tinggi," terangnya.

Dia mengemukakan bahwa ITB nantinya akan menjadi tuan rumah untuk mitranya di Indonesia, sedangkan Tsinghua University sebagai kampus terbaik di China akan mencarikan partner di luar negeri.

Tsinghua telah berhasil membangun taman teknologi di beberapa tempat di China. Bahkan Apple juga telah menjadi mitranya.

Menurut Menristekdikti suasana Pulau Penyu yang jauh dari keramaian akan sangat kondusif sebagai tempat penelitian dan pengembangan inovasi.

"Tentu, kentungannya nanti dapat meningkatkan skil anak-anak kita dalam bidang teknologi informasi. Nanti ada 'tenant' yang memanfaatkan teknologi yang dihasilkan dari riset tersebut," katanya.

Dia mendapatkan informasi bahwa Apple dan Google telah bersedia menjadi "tenant". Demikian pula dengan perusahaan-perusahaan rintisan dalam negeri siap melakukan program inkubasi di atas lahan seluas 500 hektare tersebut.

Nasir menyatakan bahwa kawasan tersebut juga terbuka untuk beberapa perguruan tinggi lainnya, baik di dalam maupun luar negeri, seperti RMIT University, Melbourne Uninversity (keduanya dari Australia), Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

"Tujuan kami menjembatani pihak swasta dan akademisi itu untuk meningkatkan SDM kita dalam mendatangkan investasi dari perusahaan asing," kata menteri berlatar belakang santri itu.

Sebelumnya Rektor ITB Kadarsah Suryadi menandatangani MoU bersama Wakil Rektor Tsinghua Uninversity Yang Bin di sela-sela Konferensi Kerja Sama Internasional Forum Sabuk Jalan (BRF) II di Beijing pada 24-28 April 2019.

Penandatanganan kerja sama dua lembaga pendidikan dari Indonesia dan China itu disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper