Peningkatan Kualitas SDM Industri 4.0, Milenial Siap di Pucuk Pimpinan

Peningkatan kualitas sumber daya manusia agar mampu bersaing di era industri 4.0. menjadi salah satu program kerja yang diusung Joko Widodo dan Ma'ruf Amin apabila memimpin Indonesia untuk periode selanjutnya.
Peningkatan Kualitas SDM Industri 4.0, Milenial Siap di Pucuk Pimpinan Anitana Widya Puspa | 27 April 2019 19:43 WIB
Peningkatan Kualitas SDM Industri 4.0, Milenial Siap di Pucuk Pimpinan
Presiden Joko Widodo menyalami tenaga kerja konstruksi di sela-sela pembukaan Indonesia Infrastructure Week 2018 dan Pameran Konstruksi Indonesia, di Jakarta, Rabu (31/10/2018). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Peningkatan kualitas sumber daya manusia agar mampu bersaing di era industri 4.0. menjadi salah satu program kerja yang diusung Joko Widodo dan Ma'ruf Amin apabila memimpin Indonesia untuk periode selanjutnya.

Sudah dipastikan untuk periode mendatang seluruh posisi di perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional diisi dengan generasi milenial dengan kemampuan di bidang teknologi informasi lebih baik dibandingkan dengan generasi di atasnya.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Dr. Paripurna bahkan mengungkapkan kalau melihat kondisi sekarang ini, banyak pekerjaan besar yang harus diselesaikan oleh bangsa ini, di mana salah satunya adalah tentang pentingnya meningkatkan kualitas SDM.

Paripurna mencontohkan PLN sebagai BUMN di bidang layanan listrik dipastikan hampir 70 persen SDM di dalamnya saat ini merupakan generasi milenial.

"Saat ini, beberapa perusahaan multinasional di Indonesia untuk level manajemen menengah bahkan puncak sudah mulai diisi generasi milenial. Penguasaan di bidang teknologi membuat mereka mampu mengeluarkan ide-ide yang selama ini tidak terpikirkan generasi sebelumnya,"jelasnya melalui keterangan resmi Sabtu(27/4/2019).

General Manager PLN Bob Saril membenarkan hal tersebut. Saat ini, SDM di PLN mayoritas telah diisi generasi milenial mengingat perusahaan ini lebih mengedepankan inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Salah satu inovasi yang digulirkan melalui penetapan tarif listrik yang kompetitif, ternyata dapat menjadi "pemanis" bagi menggeliatnya sektor industri.

PLN juga senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, ditambah dengan dukungan di bidang infrastruktur kelistrikan.

Hal tersebut akan mendorong masuknya investasi, sehingga pada akhirnya baik secara langsung maupun tidak langsung lapangan pekerjaan akan tersedia.

Dengan tersedianya banyak lapangan pekerjaan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Itu sebabnya, menurut Bob, penyediaan listrik dapat menjadi faktor pendorong bertumbuh (bergulirnya) roda perekonomian.

Namun, bagi mereka yang ingin bergabung di dalam PLN, Bob selalu berpesan agar mereka siap untuk menjadi pahlawan tanpa sorot lampu, dalam artian kehadiran mereka tidak terlihat namun manfaat yang diberikan dirasakan banyak orang.

Sebagai upaya menghadirkan SDM berkualitas, PLN secara berkesinambungan selalu mengunjungi perguruan tinggi, salah satu karya nyata yang telah dilakukan adalah digelar kompetisi nasional yang bisa diikuti kalangan perguruan tinggi.

Kompetisi yang mengedepankan kreativitas itu mulai dari vlog tentang "unboxing stasiun pengisian listrik umum (SPLU)", pembuatan paper "development business new edge", dan pembuatan aplikasi "unlocking facelift PLN mobile".

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, sdm

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top