Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Produk Kerajinan Indonesia Digenjot

Kementerian Perindustrian menargetkan ekspor produk kerajinan Indonesia dapat meningkat hingga 9% pada 2019.
ilustrasi/ANTARA
ilustrasi/ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian menargetkan ekspor produk kerajinan Indonesia dapat meningkat hingga 9% pada 2019.

Guna memacu ekspor tersebut, salah satu kebijakan strategis yang bisa dijalankan ialah penguatan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, selain memfasilitasi pembiayaan bagi pelaku IKM yang ingin melakukan ekspor, LPEI juga mampu berperan dalam pengembangan IKM melalui pembiayaan jangka panjang.

Sepanjang 2018, pengapalan produk handycraft nasional mencapai US$1,2 miliar ke 50 negara, atau naik 4 kali lipat dibandingkan 1999 yang tercatat US$300 juta ke 20 negara. Negara tujuan utama ekspor antara lain Amerika Serikat, Jepang, Belanda, dan Inggris.

“Beberapa catatan untuk peningkatan ekspor produk kerajinan, dari hasil diskusi dengan pelaku IKM [industri kecil dan menengah], antara lain membutuhkan pendampingan mengenai desain dan akses pendanaan,” kata Airlangga pada pembukaan Pameran Inacraft 2019 di Jakarta, Rabu (24/4/2019)

Dia mengatakan industri kerajinan merupakan salah satu sektor industri kreatif yang mampu berkontribusi besar bagi perekonomian nasional. Industri kerajinan yang didominasi oleh IKM dinilai terus berkembang, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan.

“Berbagai produk kerajinan yang dihasilkan oleh tangan-tangan terampil yang umumnya adalah para pelaku usaha industri mikro, kecil dan menengah ini tidak hanya untuk memenuhi pasar lokal saja, tetapi juga telah merambah ke pasar ekspor,” kata Airlangga.

Menurut Menperin, Indonesia memiliki keunggulan dalam pengembangan industri kerajinan karena keragaman budaya yang menjadi ciri khas di masing-masing daerah.

“Potensi lainnya adalah ketersediaan bahan baku yang berlimpah, menjadi keunikan tersendiri bagi produk kerajinan Indonesia,” ungkapnya.

Bahan baku tersebut, antara lain kayu, rotan, bambu, keramik, serat alam, logam, perhiasan, lembaran kain, dan batu-batuan. “Saat ini juga sudah ada bahan baku dari hasil pengembangan teknologi modern.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper