Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada 1.931 Daftar Tunggu Calon Pelanggan Listrik di Jakarta Raya

Daftar tunggu tersebut dapat diselesaikan dalam kurun waktu hingga satu hari. Hal itu lantaran satu unit pelayanan yang mampu menyelesaikan dari 100 sampai 150 pelanggan per hari.
Petugas PLN/Ilustrasi
Petugas PLN/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – General Manager PLN Induk Unit Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan saat ini terdapat 1.931 daftar tunggu calon pelanggan listrik di wilayahnya.

Adapun daftar tunggu paling banyak berada di kawasan pelayanan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Marunda, yaitu sebanyak 268 pelanggan.

Menurutnya, daftar tunggu tersebut dapat diselesaikan dalam kurun waktu relatif singkat bahkan hingga satu hari. Hal itu lantaran satu unit pelayanan yang mampu menyelesaikan dari 100 sampai 150 pelanggan per hari. PLN Induk Unit Distribusi Jakarta Raya terdiri atas 16 unit pelayanan sehingga dalam sehari mampu menyambung sebanyak 1.600 hingga 2.400 pelanggan baru.

“Perda IMB [Izin Mendirkan Bangunan] maupun kendala material tidak signifikan mempengaruhi daftar tunggu di PLN Unit Induk Distribusi  Jakarta Raya,” katanya kepada Bisnis, Kamis (18/4/2019).

Pada 2019, PLN menargetkan pertumbuhan penggunaan listrik di wilayah Jakarta Raya mampu mencapai 6,5 persen. Saat ini PLN Induk Unit Distribusi Jakarta Raya telah memiliki 4,3 juta pelanggan.

Menurutnya, PLN telah melakukan beberapa upaya untuk terus mengurangi daftar tunggu tersebut yakni mulai dari monitoring daftar tunggu harian, memastikan kesiapan material, hingga komunikasi aktif dengan lembaga inspeksti teknik tegangan rendah (LIT TR)..

Beberapa prosedur yang harus dilalui untuk mendapatkan sambungan listrik juga terus dikaji untuk dipermudah pelaksanaannya sehingga meminimalkan daftar tunggu. Pelanggan yang dapat tersambung listrik PLN harus memenuhi standar kelayakan instalasi dari Lembaga Independen yakni LIT TR.

“PLN berusaha meningkatkan layanan, baik dari segi kemudahan mendapatkan listrik hingga layanan penyambungan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper