Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TPK Koja Bisa Disinggahi Kapal Berbobot 40.000 GT, Seberapa Besar?

Terminal Peti Kemas (TPK) Koja Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, melayani kapal dengan kapasitas 4.253 TEUs milik Ocean Network Express (ONE).
Ilustrasi - Kapal MV Navios Verde/Bisnis-Andrew Mackinnon-marinetraffic.com
Ilustrasi - Kapal MV Navios Verde/Bisnis-Andrew Mackinnon-marinetraffic.com

Bisnis,com, JAKARTA - Terminal Peti Kemas (TPK) Koja Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, melayani kapal terbesarnya dengan kapasitas 4.253 TEUs milik Ocean Network Express (ONE). Adapun, nama kapal tersebut adalah MV Navious Verde. 


General Manager TPK Koja Ade Hartono mengatakan, kehadiran layanan baru mulai 12 April itu menandakan kepercayaan pelanggan terhadap TPK Koja yang selama ini melayani enam servis. 


"Ini adalah momentum bagi TPK Koja untuk mendukung Pelabuhan Tanjung Priok melayani pelayaran internasional,” katanya melalui siaran pers, Minggu (14/4/2019).


Kapal MV Navios Verde melayani pelayaran rute Singapura (SIN)--Jakarta (JKT)--Thailand (LCH)--Singapura dengan rencana bongkar muat 3.500 boks per minggu.

Kapal ini berobot 40.000 gross ton (GT), panjang (LoA) 260 m, dan lebar 32 m.  Dengan menggunakan tiga unit quay crane, kapal memiliki tingkat rata-rata gross cane rate (GCR) sebanyak 32,2 pemindahan peti kemas per jam dengan vessel operating rate (VOR) 85,9 pemindahan peti kemas per jam.


“Kami berterima kasih atas kepercayaan perusahaan pelayaran internasional yang memilih TPK Koja sebagai tempat berlabuh. Kesempatan ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus memberikan pelayanan yang optimal melalui peningkatkan sistem, digitalisasi, dan SDM Koja yang andal,” tutur Ade.


Ade menambahkan kehadiran kapal besar di TPK Koja juga tak lepas dari peranan pemilik, yakni PT Pelindo II (Persero) atau IPC dan Hutchison Port Indonesia. 


“Kami berharap keberadaan kapal besar ini dapat dimanfaatkan pelaku usaha, khususnya eksportir dan importir nasional untuk mengoptimalkan peluang bisnis global,” kata Ade. 


Melalui optimalisasi program dan sinergi dengan mitra bisnis, volume bongkar muat TPK Koja saat ini mencapai lebih dari 1 juta TEUs per tahun, meningkat dari sebelumnya 889.034 TEUs. TPK Koja juga mampu melayani dua kapal sekaligus dengan panjang kapal (LoA) 300 m.


TPK Koja melayani kapal-kapal dengan tujuan Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Hong Kong, Korea, Jepang, dan Australia.


Terakreditasi dengan standar kualitas ISO-9001: 2008 yang disertifikasi oleh PT Lloyd's Register Indonesia (Manajemen Mutu UKAS), TPK Koja melayani penanganan kontainer di Tanjung Priok selama 24 jam per hari.


TPK Koja mengelola lapangan penumpukan peti kemas seluas 21,8 hektare di Pelabuhan Tanjung Priok dengan kapasitas statis impor CY 9.828 TEUs, kapasitas statis ekspor CY 9.072 TEUs, dan kapasitas reefer CY 310 plugs. TPK Koja memiliki tujuh unit quay cranes yang dapat melayani dua super post panamax, dua post panamax, dan tiga panamax

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper