Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adhi Karya dan Adaro Garap Air Bersih di Dumai

PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Adaro Tirta Mandiri melalui Badan Usaha Pelaksana PT Dumai Tirta Persada melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PDAM Tirta Dumai Bersemai.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-–PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Adaro Tirta Mandiri melalui Badan Usaha Pelaksana PT Dumai Tirta Persada melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PDAM Tirta Dumai Bersemai.

Penandatanganan ini dilakukan dalam rangka  pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan sistem penyediaan air minum Kota Dumai dengan kapasitas 450 liter per detik.

Perjanjian ini merupakan kelanjutan dari Surat Penunjukan Pengumuman Lelang yang diterbitkan oleh PDAM Tirta Dumai Bersemai pada 18 Januari 2019. Dari penandatanganan perjanjian tersebut, PT Dumai Tirta Persada dan PDAM Tirta Dumai Bersemai berkomitmen untuk memberikan akses air bersih kepada 20.300 sambungan rumah (SR).

Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk mengatakan bahwa di kota-kota besar, kebutuhan air bersih sudah defisit maka dari itu pihaknya masuk kepada investasi air minum.

"Keinginan kami adalah ingin mempersembahkan air layak dan bersih untuk masyarakat Dumai," ujarnya di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Proyek Investasi Penyediaan Air Minum Kota Dumai ini merupakan proyek dengan skema kerja sama antara pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atau prakarsa badan usaha pertama di Indonesia. Total investasi proyek ini diperkirakan sebesar Rp498 miliar dengan masa konsesi selama 25 tahun dan dibangun secara bertahap.

Tahapannya adalah yakni tahap I.A sebesar 50 liter per detik (lpd), tahap I.B sebesar 200 lpd dan tahap II sebesar 200 lpd. Selama prosesnya, PDAM Tirta Dumai Bersemai melibatkan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memfasilitasi persiapan dan transaksi proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper