Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Maluku Tenggara Minta Dibangunkan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara meminta pemerintah pusat membangun sebanyak 200 unit penerangan jalan umum tenaga surya untuk Pulau Kei Besar lantaran selama ini daerah tersbeut tidak teraliri listrik.
Lampu jalan/Ilustrasi-JIBI Photo
Lampu jalan/Ilustrasi-JIBI Photo

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara meminta pemerintah pusat membangun sebanyak 200 unit penerangan jalan umum tenaga surya untuk Pulau Kei Besar lantaran selama ini daerah tersbeut tidak teraliri listrik.

Menurut Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun, kabupaten itu memiliki 68 pulau, dengan 2 pulau besar yaitu Pulau Kei Kecil dan Pulau Kei Besar. Hanya Pulau Kei Kecil yang sudah teraliri listrik sedangkan Pulau Kei Besar hanya Kecamatan Kela yang menyala listriknya selama 18 jam.

Dia mengharapkan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) yang dibangun dapat memberikan manfaat agar perkembangan perekonomian dapat berjalan dengan cepat. Menurutnya, Maluku masih membutuhkan dukungan Pemerintah Pusat dalam mengembangkan pembangunan infrastruktur terutama penerangan.

“Harapannya untuk Kabupaten Maluku Tenggara nantinya bersih di siang hari terang di malam hari,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Senin (15/4/2019).

Adapun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah membangun 30.000 penerangan jalan umum tenaga surya sepanjang 1.500 kilometer jalan umum d 200 kabupaten selama 2016 hingga 2018. Pada 2018, program PJU-TS dilaksanakan di 26 provinsi dan 166 kabupaten atau kota dengan jumlah PJU-TS sebanyak 21.839 titik.

Khusus di Maluku, pada 2018 PJU-TS yang dibangun yakni sebanyak 300 titik yang tersebar di 6 kabupaten, yaitu Kepulauan Aru 50 titik, Maluku Barat Daya 70 titik, Seram Bagian Barat 50 titik, Maluku Tenggara 50 titik, Buru Selatan 50 titik, dan Maluku Tengah 30 titik. Untuk Maluku Tenggara, PJU-TS disebar di Kecamatan Kei Kecil dan Menyeuw.

Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Perencanaan Strategis Yudo Dwinanda Priaadi menjelaskan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) merupakan lampu penerangan jalan yang terintegarasi dengan baterai dan menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listrik. PJU-TS dinilai tidak hanya menjadi solusi pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN. Namun, juga pada daerah yang terelktrifikasi dan ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

Pekan lalu, yakni Sabtu (13/4), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaksanakan peninjauan langsung ke lokasi titik PJU-TS di Maluku Tenggara, untuk memastikan unit tersebut beroperasi dengan baik.

"Kami datang kemari untuk memastikan PJU-TS yang dibangun oleh Kementerian ESDM beroperasi dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper