Persingkat Waktu Pengadaan, Misumi Indonesia Tambah Kapasitas Gudang Logistik

PT Misumi Indonesia, perusahaan distributor komponen standar untuk engineering, merelokasi dan memperluas gudang logistiknya guna menambah kapasitas penyimpanan dan mempercepat proses pengiriman barang.
MediaDigital | 12 April 2019 10:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - PT Misumi Indonesia, perusahaan distributor komponen standar untuk engineering, merelokasi dan memperluas gudang logistiknya guna menambah kapasitas penyimpanan dan mempercepat proses pengiriman barang.

Dengan ekspansi ini, kapasitas gudang menjadi dua kali lipat lebih besar dari sebelumnya.  Pada akhir 2019 ini, gudang baru akan memproses 50.000 unit stock keeping dari yang sebelumnya 25.000 unit.

Jenis komponen standar yang didistribusikan anak usaha Misumi Group Inc, perusahaan asal Jepang, itu berupa komponen untuk otomatisasi pabrik, produk cetakan press, dan cetakan plastik. Mayoritas barang diimpor dari pabrik Misumi di sejumlah negara, seperti Jepang, Thailand, dan China.

Saat ini, Misumi Indonesia juga tengah mengembangkan bisnis distribusi VONA (Variation & One-stop by New Alliance). Ekpansi gudang diharapkan akan meningkatkan kapasitas stok VONA.

"Distribusi VONA sudah beroperasi penuh di Indonesia sejak 2018. Dengan relokasi gudang ini, kapasitas stok akan ditingkatkan secara signifikan, dengan berbagai macam produk VONA yang lebih besar," demikian pernyataan Misumi kepada Bisnis.com, Rabu (10/4/2019).

Selain itu, ekspansi gudang juga bertujuan memenuhi permintaan pelanggan untuk mengurangi waktu tunggu pengadaan. Misumi mengungkapkan perubahan aturan bea cukai seringkali membuat proses impor barang Misumi membutuhkan waktu lama sehingga waktu pengiriman barang kepada pelanggan menjadi lebih panjang.

Oleh karena itu, Misumi ingin mempercepat proses pengiriman barang, yakni pengiriman dilakukan pada hari yang sama dengan pemesanan, dengan menambah kapasitas stok.

"Mobilitas lebih besar akan diwujudkan dengan integrasi gudang dan kantor penjualan, yang akan memperkuat kekuatan Misumi dalam 'pengiriman cepat yang andal'. Dengan demikian kami dapat memenuhi permintaan pelanggan untuk mengurangi waktu tunggu pengadaan," ujar Misumi.

Ke depan, Misumi akan terus memperkuat Misumi QCT (kualitas tinggi, biaya rendah, dan pengiriman cepat) model, dan akan terus berkontribusi mengurangi ketidakefisienan terkait pengadaan bahan bantu produksi industri manufaktur di Indonesia.

Adapun lokasi gudang baru Misumi berada di Jababeka Industrial Estate I, Jl. Jababeka XII Blok W27, Bekasi dengan luas gudang mencapai 3,690 m2. Peresmian gudang baru digelar pada Selasa, 9 April 2019. Lokasi gudang baru juga terintegrasi dengan kantor penjualan Misumi Indonesia.

Misumi Indonesia dimiliki oleh Misumi Group Inc. dengan kepemilikan sebesar 15%, Misumi Thailand 83%, dan Misumi SEA 2%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
logistik

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top