Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemilu Bikin Ramai Bisnis Percetakan

Geliat industri percetakan tersokong banyaknya pelaku UMKM yang bergerak di sektor kuliner, fesyen, dan kriya
Percetakan Surat Suara PT Aksara Grafika Pratama
Percetakan Surat Suara PT Aksara Grafika Pratama

Bisnis.com, JAKARTA — Momentum pemilu menopang pertumbuhan industri percetakan yang diperkirakan tahun ini mencapai 10%.

Ketua Umum Asosiasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Indonesia M. Ikhsan Ingratubun mengatakan tahun pemilihan umum memberi keuntungan bagi pengusaha yang bergerak di bidang percetakan.

“Acara pesta demokrasi menguntungkan usaha percetakan, karena mereka butuh poster, spanduk, dan lainnya. Diperkirakan pertumbuhan sekitar dua digit atau mencapai 10%. Tahun lalu hanya satu digit,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (9/4).

Selain karena pesta demokrasi, geliat industri percetakan tersokong banyaknya pelaku UMKM yang bergerak di sektor kuliner, fesyen, dan kriya.Pasalnya, industri percetakan—khususnya digital printing—dibutuhkan pelaku UMKM di sektor desain grafis, fesyen, kuliner, serta kriya untuk menciptakan produk yang berkualitas dalam jumlah yang fleksibel.

“Pengemasan produk dan spanduk yang menarik ini menjadi materi promosi sehingga menentukan penjualan untuk menarik minat konsumen sehingga industri percetakan ini penting,” kata Ikhsan.

Terlebih, UMKM telah memberikan kontribusi sebesar 60% terhadap PDB dan menyerap porsi tenaga kerja Indonesia sebesar lebih dari 96%. Dari 60 juta UMKM di Indonesia, 55 juta di antaranya termasuk dalam kategori usaha mikro, yang dapat menghasilkan omzet Rp300 juta dalam 1 tahun.

Direktur PT Astra Graphia Tbk. Mangara Pangaribuan menuturkan, perkembangan UMKM yang pesat merupakan salah satu perhatian dari perusahaan-perusahaan percetakan. “Semakin banyak UMKM yang bergerak, tentu perekonomian juga akan terdorong untuk terus tumbuh,” ucapnya.

Tahun ini, perusahaan percetakan tersebut menargetkan pertumbuhan dua digit, lebih tinggi dari realisasi pertumbuhan 2018 yang mencapai 8,5%.

“Tahun ini kami optimistis Astra Graphia bisa tumbuh double digit. Kami yakin akan bertumbuh dan berfokus tentunya pada UMKM,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper