Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fungsi Irigasi Rusak Sejak 2002, Bendungan Meuteu Baru Mau Diperbaiki

Pemkab Garut segera memperbaiki Bendungan Meuteu berikut irigasinya di Kecamatan Ciurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, karena tidak dapat berfungsi mengairi areal pertanian produktif di daerah sekitarnya akibat sejak bencana letusan Gunung Papandayan tahun 2002.
ilustrasi./ANTARA FOTO-Wahyu Putro A
ilustrasi./ANTARA FOTO-Wahyu Putro A

Bisnis.com, GARUT--Pemkab Garut segera memperbaiki Bendungan Meuteu berikut irigasinya di Kecamatan Ciurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, karena tidak dapat berfungsi mengairi areal pertanian produktif di daerah sekitarnya akibat sejak bencana letusan Gunung Papandayan tahun 2002.

"Saya ingin bendungan ini kembali berfungsi yang tadinya lahan gambut tidak bisa dipakai bercocok tanam kembali berfungsi menjadi lahan yang produktif," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman usai meninjau kondisi bendungan di Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Garut, Selasa (9/4/2019).

Dia menuturkan, bendungan dan irigasi di Desa Sirnajaya itu sudah hampir 17 tahun tidak berfungsi untuk mengairi areal pertanian di Desa Sirnajaya, Desa Tambakbaya, Desa Balewangi, dan Kertawangi.

Bendungan itu, lanjut dia, tidak dapat berfungsi karena kondisinya rusak setelah bencana letusan Gunung Papandayan tahun 2002 dan juga tergerus oleh longsoran tanah. Selain merusak bendungan, kata dia, beberapa saluran irigasi juga rusak sehingga butuh perbaikan agar pertanian di empat desa itu tetap produktif.

"Saluran irigasinya sempat terputus lantaran bencana alam," katanya.

Dia menyampaikan, pemerintah daerah siap mengalokasikan anggaran secara bertahap untuk memperbaiki bendungan dan ratusan irigasi di sejumlah daerah di Garut. "Ada sekitar ratusan saluran irigasi yang bakal dibangun tahun 2020 ini, termasuk saluran irigasi Bendungan Mueuteu," katanya.

Dia berharap, pembangunan proyek infrastruktur seperti saluran irigasi dan bendungan itu dapat mendukung dan meningkatkan produktivitas pertanian di Garut.

Pemkab Garut, lanjut dia, siap mendukung swasembada pangan dengan meningkatkan produktivitas di daerah sentra pertanian salah satunya di Kecamatan Cisurupan. "Langkah tersebut sejalan dengan upaya khusus untuk mencapai swasembada pangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper