Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Kembar Samarinda Mahakam IV Selesai Oktober

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PU, Penataan Ruang dan Perum Rakyat) Kaltim menargetkan jembatan Mahakam IV atau jembatan kembar Samarinda akan selesai dan diresmikan penggunaannya pada bulan Oktober 2019.
Jembatan Kembar Samarinda Dibangun pada 2012 /antara
Jembatan Kembar Samarinda Dibangun pada 2012 /antara

Bisnis.com, SAMARINDA--Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PU, Penataan Ruang dan Perum Rakyat) Kaltim menargetkan jembatan Mahakam IV atau jembatan kembar Samarinda akan selesai dan diresmikan penggunaannya pada bulan Oktober 2019.

"Saat ini terus dikebut pengerjaannya, mudahan bisa cepat tuntas dan segera diresmikan," kata Kepala Dinas PUPR Kaltim, Taufik Fauzi, Senin (8/4/2019).

Meski demikian, Taufik enggan mengomentari tentang sanksi terhadap kontraktor yang tak selesaikan batas akhir pekerjaan jembatan pada 30 Maret 2019. Dia ingin menunggu penyelesaian pekerjaan penyambungan jalan pendekat dengan bentang jembatan tersebut hingga batas waktu yang ditetapkan.

Menurut Taufik, penyelesaian jembatan Mahakam IV tersebut akan dilengkapi lampu tematik, railing (tiang sandaran jembatan) dan aspal jalan jembatan yang dianggarkan Rp 28 miliar pada APBD 2019.

"Ada lampu tematik. Kalau selesai girder (balok diantara dua penyangga berupa pier ataupun abutment pada suatu jembatan) akan dipasang railing. Kemudian aspal di sisi bentang tengah jembatan," ujar Taufik.

Taufik menegaskan anggaran untuk lampu tematik, aspal dan railing bukan bagian pembangunan jembatan Mahakam IV.

"Pekerjaan lampu tematik, aspal dan railing jembatan bagian terpisah pembangunan jembatan. Pekerjaan ini memang belum jalan dan belum diketahui pemenang kontraktornya," ujar Taufik.

Dinas PU, Penataan Ruang dan Perum Rakyat Kaltim akan mempelajari kontraktor yang mengajukan pekerjaan lampu tematik, aspal dan railing jembatan Mahakam IV. Termasuk kontraktor membangun jembatan seperti PT Waskita dan Pembangunan Perumahan (PP).

"Kita masih pelajari dulu penyelesaian bentang tengah jembatan. Karena masih ada pekerjaan sisa yang belum selesai," kata Taufik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper