Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biaya Avtur Turun, Harga Tiket Pesawat Domestik Tetap Mahal Ketimbang Luar Negeri

Kabarnya, ada pertemuan dengan maskapai penerbangan dengan pihak terkait lainnya dalam rapat di Kementerian Koordinator Kemaritiman. Salah satu bahasannya harga tiket pesawat yang mahal, seberapa mahal sih harga tiket di rute domestik?
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Polemik harga tiket pesawat kembali mencuat setelah notulen rapat di Kementerian Koordinator Kemaritiman bocor di grup WhatsApp wartawan pada Selasa (26/3/2019). Salah satu masalahnya adalah harga tiket pesawat yang masih mahal, memang seberapa mahal tiket pesawat jalur domestik saat ini?

Kabarnya, rapat yang dilakukan pada Senin (25/3/2019) itu mengundang perwakilan maskapa nasional seperti, Garuda Indonesia Grup, Lion Air, dan AirAsia Indonesia. Selain dari pihak maskapai, hadir juga pihak dari Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia serta perusahaan agen perjalanan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, harga tiket pesawat masih mahal. Padahal, harga avtur sudah diturunkan. Bahkan, beberapa maskapai pesawat sudah mendapatkan pola pembayaran khusus untuk pembelian bahan bakar tersebut.

Nah, Bisnis.com mencoba cek harga tiket pesawat rute domestik saat ini, apakah benarmahal atau tidak.

Lewat salah satu aplikasi pemesanan online, harga tiket maskapai asal Indonesia, terutama Garuda Indonesia, memang lebih mahal baik domestik maupun ke luar negeri.

Misalnya, harga rute Jakarta – Padang keberangkatan pada 2 April 2019, maskapai nasional seperti Lion Air sampai Garuda Indonesia mematok Rp1,15 juta sampai Rp2,01 juta.

Tarif tiket domestik itu justru lebih mahal ketimbang tarif ke Jakarta – Kuala Lumpur. Malaysia Airlines dan KLM mematok harga tiket senilai Rp1,1 juta.                              

Sementara itu, harga tiket pesawat dari Jakarta – Jayapura jauh lebih mahal dibandingkan dengan Jakarta – Seoul.

Pada aplikasi pemesanan online, harga tiket Jakarta - Jayapura dipatok sekitar Rp3,86 juta sampai Rp6,15 juta. Tarif itu lebih mahal ketimbang rute Jakarta – Seoul yang senilai Rp4,9 juta.

Setelah Kementerian Perhubungan melakukan pertemuan dengan maskapai dan pihak terkait lainnya, apakah harga tiket pesawat rute domestik bisa kembali murah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Oliv Grenisia
Editor : Surya Rianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper