Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Berharap Standar Minimum Diterapkan Pengemudi Truk

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengapresiasi upaya Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) dalam mempelopori keselamatan berkendara bagi pengemudi truk.
Ilustrasi - Kendaraan truk/Bisnis
Ilustrasi - Kendaraan truk/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengapresiasi upaya Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) dalam mempelopori keselamatan berkendara bagi pengemudi truk. Diharapkan ada Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang dapat diterapkan oleh seluruh pengemudi.


Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi menuturkan bahwa saat ini banyak kendaraan truk yang menjadi korban maupun penyebab kecelakaan lalu lintas. Oleh karenanya, upaya deklarasi pengemudi pelopor keselamatan lalu lintas oleh Aptrindo diapresiasinya.


"Jadi saya bersyukur bahwa Aptrindo mempunyai semangat bersama kita untuk semakin mengembalikan truk untuk tidak over dimension-over load [ODOL] maupun semangatnya untuk membangun keselamatan baik kepada operatornya maupun pengemudinya terutama," terangnya di sela-sela acara deklarasi tersebut, Minggu (17/3/2019).


Dia menjelasnya ada berkisar 10.000 pengemudi kendaraan truk yang akan semakin memperkuat persepsi pengemudi tentang keselamatan. "Supaya mereka dalam berkendara itu harus imget bahwa keselamatan yang diutamakan dan diprioritaskan," tuturnya.


Dia berharap agar pengemudi dan pengusahanya menerapkan standar keselamatan dalam rangka penyelenggaraan operasinya. Ada standar pelayanan minimum (SPM) yang harus dilakukan.


"Misalnya pengemudinya harus seperti apa ada pelatihannya, kemudian bagaimana mengendalikannya kemudian bagaimana meningkatkan SDM pengemudinya kita harapkan seperti itu," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper