Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Luncurkan Laporan EITI Tahun Pelaporan 2016

Pemerintah Indonesia meluncurkan laporan tahunan Extractive Industries Transparency Initiative (EITI) tahun pelaporan 2016, sebagai bentuk berkomitmen untuk terus menegakkan prinsip transparansi pada sektor migas dan minerba di Tanah Air. 

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia meluncurkan laporan tahunan Extractive Industries Transparency Initiative (EITI) tahun pelaporan 2016, sebagai bentuk berkomitmen untuk terus menegakkan prinsip transparansi pada sektor migas dan minerba di Tanah Air. 

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Montty Girianna mengatakan bahwa Laporan EITI Indonesia tahun 2016 ini merupakan laporan ke-6 sejak Indonesia 
menjadi negara pelaksana EITI.

"Laporan ini sesuai dengan standar EITI yang menyaratkan publikasi maksimal 2 tahun berjarak dari tahun berjalan. Laporan ini sebelumnya juga sudah dipublikasikan dan dapat diakses oleh masyarakat pada akhir 2018,” ujarnya di sela di Kemenko Perekonomian, Kamis (14/3/2019). 

Standar internasional EITI telah diterapkan di 52 negara yang kaya akan sumber daya migas dan minerba di seluruh dunia. Laporan tahunan EITI berisi informasi rekonsiliasi dan kontekstual atas pembayaran perusahaan dan penerimaan negara dari sektor migas dan minerba. 

"Dalam laporan EITI 2016, perbedaan hasil rekonsiliasi antara informasi penerimaan negara dan pembayaran perusahaan ekstraktif adalah di bawah 5%," ujarnya.

Menurutnya hal itu menunjukkan sistem pengelolaan penerimaan negara sudah baik karena perbedaan yang ada dalam proses rekonsiliasi relatif cukup 
kecil. 

"Satu terobosan baru dari laporan kali ini adalah mulai dibukanya informasi identitas pemilik manfaat/pengendali sesungguhnya dari perusahaan, atau Beneficial Ownership (BO) Transparansi 
puluhan data BO dari perusahaan sektor ekstraktif tersebut," ujarnya.

Menurutnya hal itu penting sebagai upaya pencegahan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme sesuai Peraturan Presiden No.13/2018. 

“Sejumlah perusahaan telah melaporkan siapa pemilik manfaat sebenarnya dari perusahaan di Laporan EITI, namun masih diperlukan kajian yang lebih mendalam untuk jaminan kebenaran data tersebut,” kata Montty yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Transparansi Industri Ekstraktif. 

Menurutnya dalam perbaikan sistem jaminan data BO, saat ini sedang disusun sistem pelaporan BO yang dikoordinasikan Sekretariat Nasional Pencegahan Korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melibatkan lintas Kementerian dan Lembaga. 

Selain itu, EITI Indonesia juga telah mempublikasikan roadmap atau peta jalan yang menguraikan rencana kegiatan dan persiapan penting untuk dapat secara penuh melaksanakan kewajiban transparansi informasi tersebut pada 2020. 

Kemudian, masyarakat luas kini sudah dapat mengakses informasi seputar industri ekstraktif di Minerba One Map Indonesia (MOMI) dan Portal Data Industri Ekstraktif EITI Indonesia, meski belum semua informasi yang disyaratkan standar EITI sudah dapat diakses oleh publik. 

Transparansi industri ekstraktif pun menjadi salah satu faktor penting yang mendukung Indonesia mendapatkan peringkat yang baik dalam Resource Governance Index (RGI) 2017. 

Negara Indonesia berada di peringkat ke-11 dari 81 negara di dunia. Di kawasan Asia Pasifik, Indonesia di peringkat ketiga, hanya tertinggal dari Australia dan India. 

"Indonesia memperoleh penilaian yang baik di pengelolaan penerimaan negara dan transparansi. Walaupun sudah cukup baik, namun upaya transparansi di sektor industri ekstraktif harus semakin ditingkatkan,” tegasnya.

Montty juga menerangkan, laporan EITI setiap tahun hanya merekonsiliasi sekitar 100-120 perusahaan di sektor minerba yang menyumbang sekitar 90-94% total penerimaan negara di sektor pertambangan. 

“Ribuan perusahaan lainnya hanya menyumbang sekitar 6-10% bagi total penerimaan negara di sektor minerba. Ke depan, juga diperlukan manajemen yang lebih baik dalam mengelola ribuan perusahaan yang tersebut,” pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper