Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Marga Tunda Bangun Hotel Tol, Fokus Siapkan Tempat Istirahat

PT Jasamarga Properti, anak usaha PT Jasa Marga Tbk., memprioritaskan pembangunan tempat istirahat dan pelayanan untuk mudik Lebaran dan menunda pembangunan tiga hotel di tiga ruas jalan tol Trans-Jawa.
./Antara-Oky Lukmansyah
./Antara-Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasamarga Properti, anak usaha PT Jasa Marga Tbk., memprioritaskan pembangunan tempat istirahat dan pelayanan untuk mudik Lebaran dan menunda pembangunan tiga hotel di tiga ruas jalan tol Trans-Jawa.

GM Tempat Istirahat dan Pelayanan PT Jasamarga Properti Hubby Ramdani mengatakan bahwa rencana pembangunan tiga hotel di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) jalan tol Batang—Semarang, Solo—Ngawi, dan Mojokerto—Surabaya belum dimulai. Perusahaan memprioritaskan penyelesaian TIP tahun ini.

“Belum pada tahun ini karena kami fokus menyelesaikan TIP kami yang ada di sepanjang Trans-Jawa. Kami fokus untuk persiapan arus mudik Lebaran 2019 terlebih dahulu,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (12/3).

Berdasarkan catatan Bisnis.com, pembangunan hotel bujet itu rencannya dilakukan di TIP dengan luasan sedikitnya 6 hektare. Biaya pembangunan hotel di ruas tol milik induk usahanya tersebut diperkirakan menghabiskan Rp30 miliar per unit.

Nantinya, hotel tersebut akan digunakan bagi pengguna jalan tol yang ingin beristirahat dan akan dikenakan biaya sekitar Rp300.000 per 6 jam. Pembatasan per 6 jam dikarenakan hotel bujet diperuntukkan sebagai tempat istirahat sementara, bukan untuk menginap.

Walaupun lahan untuk pembangunan tiga hotel tersebut sudah dipersiapkan, pengembangan serta kajian finansial masih disesuaikan dengan peraturan menteri dan persetujuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengusulkan agar PT Jasa Marga Tbk. membangun hotel di tempat istirahat di ruas-ruas tertentu di jalan tol Trans-Jawa agar bisa digunakan oleh pengguna jalan yang ingin beristirahat.

Perubahan target dan rencana pembangunan hotel bujet di tiga jalan tol itu mundur karena PT Jasamarga Properti masih fokus menyelesaikan 25 TIP tipe A di seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga dan kelompok usahanya.

Selain hal itu, Hubby mengatakan bahwa pembangunan tiga hotel tersebut akan berdampak pada pengurangan kapasitas parkir TIP yang akan segera digunakan pada kegiatan arus balik Lebaran 2019.

“Setelah peak season Lebaran ini akan kami finalisasi dan ajukan ke Kementerian PUPR, nanti untuk scheduling-nya akan kami sesuaikan dengan jadwal Lebaran tahun 2020 karena ketika konstruksi akan mengurangi kapasitas parkir TIP.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Putri Salsabila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper