Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Boeing Semestinya Tarik Seluruh Boeing 737 Max 8

Pengamat penerbangan Arista Atmadjati menyoroti adanya kesamaan dugaan penyebab kecelakaan Ethiopian Airlines ET 302 pada Minggu (10/3/2019), dan Lion Air JT 610 pada 29 Oktober 2018 di mana keduanya menggunakan jenis pesawat yang sama Boeing 737 Max 8.
Logo perusahaan produsen pesawat terbang Boeing/Reuters-Lucy Nicholson
Logo perusahaan produsen pesawat terbang Boeing/Reuters-Lucy Nicholson

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat penerbangan Arista Atmadjati menyoroti adanya kesamaan dugaan penyebab kecelakaan Ethiopian Airlines ET 302 pada Minggu (10/3/2019), dan Lion Air JT 610 pada 29 Oktober 2018 di mana keduanya menggunakan jenis pesawat yang sama Boeing 737 Max 8.

“Kejadiannya hampir sama, pesawat baru dipakai empat bulan oleh Ethiopian Airlines dan Lion Air setelah dua bulan. Dugaan penyebabnya pun sama karena masalah teknis dari Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (MCAS),” kata Arista kepada Antara di Jakarta, Senin (11/3/2019).

Lebih lanjut Arista menjelaskan MCAS ini merupakan sistem yang di dalamnya terdapat “angle of attack” atau pengaturan agar pesawat terhindar dari kehilangan daya angkat atau “stall”.

Arista mengatakan seharusnya Boeing melakukan penarikan atau recall seluruh unit Boeing 737 Max 8 untuk dicek kembali. Terutama masalah teknisnya serta bila perlu penggantian suku cadang.

Namun, dia menambahkan, penarikan pesawat ini belum pernah terjadi, sehingga sebaiknya Boeing memberlakukan pembekuan terlebih dahulu (grounded) terhadap pesawat-pesawatnya untuk diperiksa secara teknis.

“Kalau mobil misalnya Toyota bisa di-recall, tapi kalau pesawat belum pernah terjadi, pernah waktu itu di-grounded pesawat Dreamliner 787 karena ada masalah aki,” katanya.

Masalah lainnya yang disoroti, yaitu keterlambatan Boeing untuk menerbitkan buku manual pesawat Boeing 737 Max 8. “Manual kemarin sempat telat, untuk penanganan kerusakan baru dikeluarkan dan dikirim. Seharusnya buku manual itu dikirim bersama pesawatnya, sehingga pilot ketika training sudah siap,” katanya.

Ethiopian Airlines ET-AVJ jatuh dalam penerbangan ke Nairobi dan mengakibatkan sebanyak 157 orang di dalamnya tewas pada Minggu, 10 Maret 2019.

Pesawat ET-AVJ diketahui berjenis Boeing 737 MAX 8 atau sama dengan pesawat Lion Air PK-LQP atau Lion Air JT 610 yang jatuh di Laut Jawa dan menewaskan 189 orang di dalamnya, pada 29 Oktober 2019.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper