Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPBU Perumahan Masih Sekadar Rencana

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membentuk Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk menjadi salah satu skema penyediaan perumahan.
./JIBI-Paulus Tandi Bone
./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membentuk Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk menjadi salah satu skema penyediaan perumahan.

Rencana itu sudah dikemukakan pada Agustus 2018 dan masih belum terlaksana hingga saat ini. Skema tersebut kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR sudah mulai digodok pada akhir 2018.

KPBU perumahan rencananya akan menjadi adalah partisipasi sektor swasta dalam investasi penyediaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di atas lahan pemerintah berdasarkan perjanjian kerja sama antara pemerintah dan badan usaha.

Adapun, Khalawi mengatakan ada dua pola KPBU yang direncanakan yaitu, skema Built Operate Transfer (BOT) atau pemilikan lahan oleh pemerintah dan pemilikan lahan oleh swasta.

Khalawi menyebutkan, skema KPBU ini juga dibuat sebagai salah satu upaya PUPR dalam melaksanakan percepatan pembangunan perumahan untuk MBR dan juga untuk membantu mempercepat capaian target program yang sudah ada, yakni Program Sejuta Rumah.

“Di saya belum ada update perkembangan terbaru, tapi yang jelas untuk KPBU perumahan regulasinya sudah siap, tinggal pelaksanaannya saja nanti, karena harus di bawah komando Dirjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

Khalawi menyebutkan, pembangunan untuk KPBU sendiri nantinya akan diutamakan rumah susun (rusun). Menurut Khalawi, bentuk rumah susun lebih cocok dengan gaya hidup milenial yang menjadi mayoritas masyarakat Indonesia saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper