Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Geopark Indonesia Dipromosikan di Markas UNESCO Paris

Menteri Pariwisata Arief Yahya mewakili Pemerintah Indonesia mempromosikan potensi geopark Indonesia secara langsung di Markas UNESCO Paris, Prancis.
Puncak Darma, salah satu sisi keindahan Ciletuh Geopark./papsiciletuh.com
Puncak Darma, salah satu sisi keindahan Ciletuh Geopark./papsiciletuh.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya mewakili Pemerintah Indonesia mempromosikan potensi geopark Indonesia secara langsung di Markas UNESCO Paris, Prancis.

Dalam kunjungan kerja ke Eropa, Menpar Arief Yahya tidak hanya mempromosikan keunggulan destinasi wisata dalam ajang bursa pariwisata terbesar dunia, ITB Berlin, Jerman, tetapi juga menyampaikan potensi dan mempromosikan Geopark di Tanah Air kepada para petinggi UNESCO di markasnya di Paris, Prancis.

Tahun lalu, Indonesia telah sukses mencatatkan dua geopark-nya masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark (UGG), yakni Rinjani Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Ciletuh Sukabumi di Jawa Barat. Targetnya, tahun ini Indonesia mendaftarkan dua geopark yang lain yakni Geopark Belitung dan Geopark Kaldera Danau Toba.

Arief  mengatakan, sebelumnya Indonesia juga sudah memiliki Global Geopark, di antaranya Gunung Batur di Bali dan Gunung Sewu yang memanjang dari selatan Yogyakarta, wilayah Jawa Tengah, sampai ke Jawa Timur. 

“Dalam framework pengembangan destinasi itu kami selalu menggunakan konsep 3A, Atraksi, Akses, dan Amenitas. Dan jika ingin menjadi global player, harus menggunakan global standar," katanya lewat keterangan tertulis, Sabtu (9/3/2019).

Untuk faktor akses, global standar itu diwujudkan dalam bentuk membangun International Airport di banyak tempat seperti yang sudah dilakukan Presiden Jokowi sebagai bentuk komitmen terhadap pariwisata Indonesia. 

Dari sisi amenitas, ditandai dengan makin banyak dikembangkan hotel-hotel bintang 5 yang berkelas internasional di berbagai destinasi. “Ketiga adalah atraksi yang juga harus berkelas dunia,” kata Arief.

Kelas dunia yang dimaksud, kata Arief Yahya, adalah atraksi yang sudah mendapat pengakuan dunia, atau diakui secara resmi dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga terpercaya dunia, seperti UNESCO.

“Di banyak tempat, UGG itu selalu memberi dampak yang signifikan terhadap wisatawan. Brandingnya langsung mendunia karena diakui oleh UNESCO, lembaga dunia,” katanya.

Menurutnya, Danau Toba dan Belitung bisa semakin cepat mendunia jika atraksinya juga level dunia. Lebih mudah mempromosikan dan mengemasnya sebagai sebuah cerita, ketika sudah disahkan UNESCO. 

Sebelum mempresentasikan potensi Geopark Indonesia di Paris, Menpar Arief memastikan semua agenda promosi pariwisata berjalan dengan baik di ITB Berlin, pameran pariwisata terbesar dunia yang digelar sejak 5-10 Maret 2019 di Berlin ExpoCenter City, Messedamm 22 itu.

“Kalau soal ITB Berlin, saya cukup percaya diri, saya sudah memantau sendiri, sejauh ini lancar. Saya berharap hasilnya pertemuan antara buyers dan sellers kita juga bagus dan grafiknya terus meningkat. Saya lihat detailnya selama di Berlin, di lingkungan pameran yang diikuti 180 negara itu bagus,” kata Arief Yahya saat di venue Pavillion “Phinisi” Wonderful Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper