Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPRD: Kalau Bandara Kertajati Ingin Optimal, Tuntaskan Tol Cisumdawu

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Pepep Saeful Hidayat minta agar sarana penunjang menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) seperti Jalan Tol Cileunyi--Sumedang--Dawuan (Cisumdawu) segera diselesaikan untuk optimalisasi keberadaan bandara tersebut.
Foto aerial proyek pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di kawasan Rancakalong, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (30/5)./Antara-Fahrul Jayadiputra
Foto aerial proyek pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di kawasan Rancakalong, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (30/5)./Antara-Fahrul Jayadiputra

Bisnis.com, BANDUNG - Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Pepep Saeful Hidayat minta agar sarana penunjang menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) seperti Jalan Tol Cileunyi--Sumedang--Dawuan (Cisumdawu) segera diselesaikan untuk optimalisasi keberadaan bandara tersebut.

"Tentunya sarana dari dan menuju ke Bandara Kertajati harus diperhatikan, salah satunya dorongan agar Tol Cisumdawu segera diselesaikan. Ini agar memudahkan orang yang hendak ke Bandara Kertajati," kata Pepep Saeful Hidayat, seperti dikutip dari Antara, Senin (4/3/2019).

Terkait dengan rencana pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Pepep mengatakan secara pribadi dirinya sangat mendukung atau setuju dengan rencana tersebut.

"Sebagai warga Majalengka, sangat setuju apabila rencana itu betul-betul terjadi," kata dia.

Menurut Pepep, dengan dipindahkan sebagian penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati diprediksi akan memberikan dampak positif bagi kawasan Sumedang, Majalengka dan Subang.

"Karena kalau penerbangan dari Jabar yang terpusat di Bandara Kertajati, ini akan memiliki dampak luar biasa di Majalengka, SMS (Sumedang, Majalengka, Subang) pada umumnya. Dan ini semua harus didukung oleh berbagai sarana salah satunya jalan tol," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil membahas rencana pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Itu kan opsi, opsi yang sedang dibahas, full 100% atau sebagian," kata Emil ketika dimintai tanggapan soal pembahasan pemindahan penerbangan dari Kota Bandung ke Bandara Kertajati, di Gedung Sate Bandung, beberapa waktu lalu.

Gubernur mengatakan bahwa terdapat dua opsi untuk mengoptimalkan fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka sebagai gerbang udara utama di Jawa Barat.

Dia mengatakan, opsi pertama ialah pemindahan 100% penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Bandara Kertajati.

Adapun opsi kedua, katanya, hanya sebagian penerbangan yang dipindahkan tetapi kedua bandaranya tetap berfungsi sebagai bandara komersial.

Emil mengatakan bahwa seperti yang dibahas dalam debat tersebut, masalah optimalisasi Bandara Kertajati adalah terbatasnya akses dari Bandung yang harus memutar lewat Tol Cipali atau jalur biasa lewat Sumedang yang memakan waktu berjam-jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper