BRI Lanjutkan Komitmen Penyaluran KUR Ketahanan Pangan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memastikan komitmennya dalam penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR untuk penguatan ketahanan pangan di sektor pertanian sebagai upaya memajukan ekonomi kerakyatan.

TASIKMALAYA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memastikan komitmennya dalam penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR untuk penguatan ketahanan pangan di sektor pertanian sebagai upaya memajukan ekonomi kerakyatan.

Kali ini, Bank BRI, anggota Himpunan Bank-Bank Milik Negara (HIMBARA), serta bank penyalur KUR lainnya yang hadir sebagai undangan turut berpartisipasi dalam acara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI yakni kegiatan penguatan ketahanan pangan melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian dan peternakan di Tasikmalaya.

Kegiatan yang digelar di Pondok Pesantren Miftahul Huda tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution dan Menteri Koperasi dan Usaha  Kecil Menengah (UKM) RI A.A.G. Ngurah Puspayoga.

KUR Ketahanan Pangan merupakan salah satu program KUR Pemerintah dalam bentuk dukungan pembiayaan kepada petani termasuk peternak, baik modal kerja maupun investasi. Melalui program ini, diharapkan dapat membantu para petani dalam meningkatkan skala ekonomi usahanya sehingga dapat mendorong terwujudnya ketahanan pangan nasional.

“Sejak 2015 sampai 2018 lalu, kami telah menyalurkan KUR Ketahanan Pangan sebesar Rp53,6 triliun kepada lebih dari 3,2 juta petani. Penyaluran tersebut didominasi oleh sektor pertanian tanaman perkebunan (33%), pertanian padi (20%), pertanian buah dan sayuran (15%), budidaya sapi potong (11%) dan pertanian palawija (9%), sedangkan 12% lainnya merupakan gabungan dari peternakan unggas (3%), domba atau kambing potong (3%), pertanian perkebunan peternakan atau mixed farming (3%), dan lain-lain (3%). Hal ini selaras dalam mendukung program pengembangan komoditas pangan strategis yang menjadi prioritas pemerintah diantaranya padi, jagung, kedelai, bawang, cabai, daging sapi, dan gula" kata Direktur Mikro & Kecil Bank BRI Priyastomo yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Bank BRI juga menyalurkan KUR senilai Rp525 juta secara simbolis kepada dua debitur KUR masing-masing KUR Mikro Rp25 juta dan KUR Kecil Rp500 juta, juga menyalurkan KUR dengan total Rp9,33 miliar untuk 300 peserta yang merupakan petani dan peternak dengan nilai plafond bervariasi mulai Rp5 juta hingga Rp300 juta. 

Selain itu Bank BRI berkesempatan pula menyerahkan CSR berupa bantuan renovasi bangunan Pondok Pesantren Miftahul Huda sebesar Rp248 juta sebagai salah satu wujud aksi ekonomi untuk rakyat.

BRI mencatat khusus di Tasikmalaya, KUR Ketahanan Pangan yang telah disalurkan Bank BRI di wilayah Tasikmalaya sebesar Rp44,7 miliar. 

Adapun sepanjang 2018 yang lalu Bank BRI telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat dengan total mencapai Rp80,2 triliun kepada lebih dari 3,9 Juta debitur di seluruh Indonesia. Apabila di total, sejak tahun 2015 hingga 2018 jumlah KUR yang telah disalurkan BRI mencapai Rp235,4 triliun kepada lebih dari 12,6 juta pelaku UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper