Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembang Mulai Bidik Kaum Lansia

Kebutuhan akan hunian yang ramah dengan kaum lanjut usia memang belum begitu besar. Banyak pengembang juga tidak menyediakan fasilitas tersebut di rumah yang ditawarkannya. Namun, sejumlah pengembang menjadikan fasilitas tersebut sebagai daya tariknya.
Ilustrasi/Idiva
Ilustrasi/Idiva

Bisnis.com, JAKARTA—Kebutuhan akan hunian yang ramah dengan kaum lanjut usia memang belum begitu besar. Banyak pengembang juga tidak menyediakan fasilitas tersebut di rumah yang ditawarkannya. Namun, sejumlah pengembang menjadikan fasilitas tersebut sebagai daya tariknya.

CEO Residential Sinar Mas Land Herry Hendarta mengatakan, pada proyek besutannya di kawasan Greenwich BSD City, memang sudah dipikirkan kebutuhan untuk semua segmen mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia.

Dia menjelaskan bahwa konsep Greenwich memang mengusung konsep hijau dan resor dengan konsep resor dituangkan ke dalam fitur-fitur seperti club house. Sementara konsep hijau, area perumahan ini diengkapi area pedestrian yang mengoneksikan setiap klaster di Greenwich BSD.

"Kawasan ini cocok untuk mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia. semuanya terakomodir, lansia," kata Herry, belum lama ini.

Sementara itu, PT Ciputra Residence berencana membangun apartemen khusus untuk lanjut usia.

Kendati masih rencana dan belum akan terlaksana dalam waktu dekat, pihaknya sudah mempersiapkan diri melalui klub khusus untuk lansia di perumahan CitraGarden City.

Deputy Manager Business Development CitraGarden City Hendra Kristianto menyebutkan bahwa konsep klub lansia tersebut saat ini masih selayaknya mengikuti klub olahraga.

“Di awal konsepnya seperti klub olahraga dulu sembari nanti kami perkenalkan konsep senior living yang berada di CitraLake Suites. Jika dalam waktu satu sampai dua tahun ini peminatnya memang cukup banyak, bisa kami mulai yang senior living,” katanya kepada Bisnis, Selasa (26/2).

Senior living tersebut akan berbentuk apartemen. Bentuk bangunan tersebut dipilih bersama dengan Livingwell Seniors Communities karena keluar masuknya lansia dapat terkontrol dengan lebih mudah.

“Sebenarnya untuk senior living belum kami rencanakan terlalu jauh karena belum akan dikembangkan dalam waktu dekat. Namun, kalau berkaca dari beberapa senior living di Australia, rencananya nanti di setiap lantai akan mempunyai nursing station dan tiap unit memiliki emergency button sendiri-sendiri,” paparnya.

Saat ini, untuk mendukung kegiatan lansia, di sekitar klub lansia tersebut sudah tersedia jalur khusus, toilet, dan kamar mandi khusus untuk pengguna kursi roda. ”Seluruh fasilitas kami desain agar para member dapat beraktifitas dengan aman dan nyaman,” imbuh Hendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper