Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ALFI: Tidak Semua Pemain Logistik Bisa Transparan Soal Tarif

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) DKI Jaya berpendapat bahwa platform marketplace yang akan dibangun oleh Pelindo II atau IPC kemungkinan sulit meminta seluruh pelaku usaha logistik transparan soal tarif.
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) DKI Jaya berpendapat bahwa platform marketplace yang akan dibangun oleh Pelindo II atau IPC kemungkinan sulit meminta seluruh pelaku usaha logistik transparan soal tarif.

Wakil Ketua Umum Bidang Logistik dan Pergudangan ALFI DKI Jaya, Harry Sutanto mengatakan terdapat 14 mata rantai logistik di pelabuhan, mulai dari regulator, pemain, hingga supporting.

Platform, tutur dia, mungkin dapat menampilkan tarif bongkar muat, terminal, penumpukan, gudang, dan trucking, tetapi belum tentu bisa menjabarkan tarif keagenan.

"Sampai [di] jasa kepelabuhanan mungkin bisa, tetapi sampai end to end, biasanya market yang menentukan. Ini karena ikatan dengan agen sudah lama sehingga tidak bisa diseragamkan," katanya, Senin (25/2/2019).

ALFI DKI Jaya juga mengingatkan agar platform marketplace tidak didominasi oleh satu grup perusahaan sehingga seluruh pelaku usaha dalam ekosistem wilayah kerja IPC bisa tumbuh bersama.

Asosiasi pada prinsipnya mendukung rencana peluncuran platform sepanjang untuk mempercepat pelayanan dan transparansi tarif jasa kepelabuhanan.

"Yang kami khawatirkan adalah melalui platform digital yang disiapkan itu, Pelindo akan bermain dari hulu hingga hilir. Selain tidak menciptakan equal level of playing field di jasa logistik, juga bisa menjadi price maker, yang pada gilirannya malah tidak memberikan efek efisiensi," ujar Harry.

Dia menuturkan, sebenarnya tidak ada larangan bagi IPC dan anak-anak perusahaannya untuk berusaha. Namun, jika menuruti etika bisnis, IPC idealnya fokus pada bidang kepelabuhanan.

"Dengan segala kelebihannya serta posisi sebagai satu-satunya penyedia jasa kepelabuhanan di pelabuhan-pelabuhan komersial, apakah ekosistem yang ada mau semakin dimarginalkan [jika IPC bermain dari hulu ke hilir]?" ujar Harry.

ALFI menyadari, saat IPC bertransformasi menjadi trade facilitator, pelaku usaha lainnya juga wajib menyesuaikan dengan dinamika lingkungan bisnis yang bergerak ke arah digital.

Dengan demikian, tercipta ekosistem logistik yang saling mendukung, efisien, dan adaptif terhadap perubahan lingkungan usaha logistik. 

"Sepanjang pelayanan terakselerasi, biaya logistik turun, ekspor naik, kami support."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper