Pasar TV Premium Diproyeksi Tumbuh ke 260.000 Unit

Pasar 4K UHD LED TV, yang masuk ke segmen premium, pada tahun ini diproyeksikan melanjutkan peningkatan menjadi 260.000 unit dengan porsi 7% dari total penjualan televisi.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  14:20 WIB
Pasar TV Premium Diproyeksi Tumbuh ke 260.000 Unit
TV Premium. - Sharp

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar 4K UHD LED TV, yang masuk ke segmen premium, pada tahun ini diproyeksikan melanjutkan peningkatan menjadi 260.000 unit dengan porsi 7% dari total penjualan televisi.

Sharp Electronics Indonesia, pasar 4K UHD LED TV, yang masuk ke segmen premium, mengalami peningkatan setiap tahun sejak 2014. Pada 2018, penjualan 4K UHD LED TV mencapai 213.000 unit atau 6% dari total penjualan televisi.

Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager Sharp, mengatakan bahwa pihaknya percaya diri untuk merilis televisi premium dengan teknologi 8K sebagai komitmen perusahaan untuk terdepan dalam hal inovasi.

Produk baru tersebut yaitu produk Aquos 8K yang terdiri dari tiga ukuran, yaitu 60 inch, 70 inch, dan 80 inch. "Untuk segmen yang dituju adalah orang-orang kaya yang selalu ingin memiliki televisi terbaru dengan teknologi terbaru," jelasnya, Minggu (24/2/2019).

Andry menilai ke depan penjualan televisi akan menuju ke teknologi 8K. Sebelumnya, ketika teknologi 4K diperkenalkan, beberapa pihak juga menilai akan kesulitan untuk menjual. Namun, saat ini penjualan televisi 4K disebutkan menyumbang sekitar 10% dari total jumlah penjualan perseroan.

"Dengan kehadiran Aquos 8K di lini LED TV kelas big size dan premium, diharapkan dapat membantu market share sebesar 25% tahun ini. Apalagi, presisi gambar yang ditawarkan 8K bermanfaat untuk berbagai bidang,” jelasnya.

Berbeda dengan layar televisi lainnya, teknologi 8K menghasilkan gambar beresolusi sangat tinggi hingg sekitar 33 juta piksel, atau setara dengan 16 kali piksel yang dihasilkan teknologi full HD atau 2K. Spektrum warna 8K juga lebih lebar sehingga bisa memproduksi hingga 138% warna yang lebih kaya dibandingkan teknologi yang dulu.

Teknologi baru ini juga menawarkan Real 8K Contrast, yang menciptakan gambar lebih cerah dan lebih hidup. Aquos 8K memiliki pencahayaan 13 kali lebih terang. Secara keseluruhan, penjualan LED juga akan bertumbuh ke depan karena penetrasi yang masih rendah, yaitu sebesar 25%--30%.

Selain penetrasi produk yang rendah, replacement jenis televisi tabung atau cathode ray tube (CRT) berjalan lambat dan hingga kini masih ada yang digunakan masyarakat.

“Pergantian televisi tabung ke LED selama 2015—2018 belum maksimal, sehingga peluangnya masih besar. Penetrasi televisi tabung yang dulu mencapai hampir 90% akan digantikan oleh LED,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tv

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup