Deretan Mercusuar Contoh Perusahaan Industri 4.0

Menteri Perindustrian terus memacu perkembangan Revolusi Industri 4.0. Dia menyebut sederet perusahaan manufaktur yang menjadi mercusuar percontohan implementasi industri 4.0.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 22 Februari 2019  |  16:15 WIB
Deretan Mercusuar Contoh Perusahaan Industri 4.0
Robot pekerja tengah menyelesaikan proses produksi kendaraan bermotor. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perindustrian terus memacu perkembangan Revolusi Industri 4.0. Dia menyebut sederet perusahaan manufaktur yang menjadi mercusuar percontohan implementasi industri 4.0.

"Secara nasional, perusahaan semacam Schneider Electric, Pan Brothers, Panasonic, Daihatsu, Toyota, Mayora dan Mattel sudah menjadi lighthouse dalam percontohan implementasi industri 4.0," ujarnya Dalam Pidato Ilmiah Dies Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ke-73 bertema Membangun Kedaulatan Teknologi di Era Disrupsi, Jumat (22/2/2019).

Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas".

Seperti disampaikan oleh Klaus Schwab, Founder dan Executive Chairman of the World Economic Forum dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution, revolusi industri generasi keempat ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak.

Pada kesempatan itu, Menperin juga menyampaikan bahwa keberadaan dari industri 4.0 ini dapat berjalan dengan harmoni dengan industri-industri 1.0, industri 2.0. dan industri 3.0.

"Implementasi konkritnya kita bisa melihat di Jogja," ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa Yogyakarta mempunyai kawasan industri 1.0 yang sangat terkenal yaitu Kawasan Batik dan Kawasan Perajin Perak di Kota Gede, untuk Industri 2.0 juga tidak kalah ada Kawasan Industri Makanan Ringan Bakpia dan Kaleng Gudeg. Untuk 3.0 juga ada, kita bisa lihat industri susu Sari Husada, hingga yang sudah terapkan 4.0 seperti PT YPTI (Yogya Presisi Teknikatama Industri).

"Jogja adalah miniatur dari harmoni ini. Harmoni dalam transformasi," kata Airlangga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Revolusi Industri 4.0

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top