Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Kemacetan di Monas, KA dari Stasiun Gambir Berhenti di Stasiun Jatinegara

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan rekayasa pola operasi bernama Berhenti Luar Biasa (BLB) guna mengantisipasi kemacetan yang dialami penumpang KA akibat kegiatan Malam Munajat 212 yang digelar pada Kamis (21/2/2019) malam.
Penumpang menunggu kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11/2017)./ANTARA-Rivan Awal Lingga
Penumpang menunggu kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11/2017)./ANTARA-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan rekayasa pola operasi bernama Berhenti Luar Biasa (BLB) guna mengantisipasi kemacetan yang dialami penumpang KA akibat kegiatan Malam Munajat 212 yang digelar pada Kamis (21/2/2019) malam.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo mengatakan Malam Munajat 212 di Monumen Nasional (Monas) berpotensi menimbulkan kemacetan di beberapa ruas jalan, khususnya menuju Stasiun Gambir yang terletak bersebelahan dengan Monas.

Kegiatan tersebut juga kemungkinan akan tetap berimbas kepada para penumpang KA kendati aparat kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memberlakukan penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan Monas guna mengurai kemacetan. 

"Kami akan memberlakukan kebijakan rekayasa pola operasi yang dinamakan Berhenti Luar Biasa (BLB)," paparnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (21/2).

Edy menjelaskan rekayasa pola operasi pemberangkatan KA ini akan dilakukan hari ini mulai pukul 17.02 WIB sampai pukul 23.00 WIB, berlaku mulai keberangkatan KA 7078 (Argo Parahyangan Tambahan) sampai KLB 7098A (Argo Parahyangan Tambahan).

Secara keseluruhan, lanjutnya, ada 14 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan direkayasa pola operasi pemberangkatannya. Inti dari rekayasa pola operasi tersebut, yakni KA-KA keberangkatan Stasiun Gambir akan diberhentikan di Stasiun Jatinegara.

"Jadi bagi penumpang KA yang kesulitan untuk menuju ke Stasiun Gambir karena terkena imbas kemacetan, memiliki alternatif untuk naik dari Stasiun Jatinegara. Normalnya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara," ucap Edy.

PT KAI Daop 1 Jakarta juga mengimbau para penumpang untuk mengantisipasi dan memperkirakan waktu keberangkatannya, sehingga tidak tertinggal KA. Pihaknya juga menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di stasiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper