Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CADANGAN MIGAS: Setelah Repsol, Saka Siap Memberikan Kabar Baik

PT Saka Energi Indonesia, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk., (PGAS), akan menyampaikan hasil pengeboran di Tambakboyo-3 (TKBY-3), Blok Pangkah, Jawa Timur.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—PT Saka Energi Indonesia, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk., (PGAS), akan menyampaikan hasil pengeboran di Tambakboyo-3 (TKBY-3), Blok Pangkah, Jawa Timur.

Presiden Direktur PT Saka Energi Indonesia Tumbur Parlindungan mengamini hal tersebut. Dia mengatakan dalam beberapa waktu mendatang akan ada hasil dari percobaan yang dilakukan pihaknya.

“Mungkin minggu depan sudah ada hasilnya. Pekan ini TKBY-3 masuk testing,” katanya, ketika dihubungi Bisnis.com, Rabu (20/2/2019).

Sebelumnya, Saka telah menemukan cadangan minyak bumi di sumur Eksplorasi TKBY-2 di Wilayah Kerja Pangkah. Sumur Eksplorasi TKBY-2 yang dibor PGN Saka di lepas pantai utara Jawa Timur telah mencapai kedalaman akhir pada 9.500 kaki.

Di sumur ini, berhasil ditemukan keberadaan minyak bumi di beberapa lapisan. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan hasil analisa data perekaman bawah permukaan melalui Uji Kandung Lapisan (Drill Stem Test) ketiga.

Lokasi sumur TKBY-2 berjarak sekitar 10 km dari fasilitas produksi Well Head Platform B (WHP-B), menjadi bagian strategi besar eksplorasi Pangkah untuk melakukan optimasi terhadap fasilitas produksi yang sudah ada sehingga dapat sejalan dengan keekonomian dari Wilayah Kerja Pangkah.

Sayangnya, mengenai proses terkini mengenai pengeboran TKBY-3, Tumbur enggan menjelaskan lebih lanjut. “Kalau ada kabar baik pasti kami sampaikan,” tambahnya.

Jika nantinya, cadangan migas kembali terekam dari Pangkah, maka bulan ini setidaknya sudah ada kabar baik dari hulu migas nasional. Sebelumnya, Repsol bersama Petronas dan MOECO lebih dahulu mencuri perhatian serta membuat sektor minyak dan gas nasional lebih bergairah.

Repsol dan kolega telah membuat sejarah dengan menemukan potensi cadangan gas terbesar di Tanah Air dalam 18 tahun terakhir. Tidak sampai di situ, perusahaan migas asal Spanyol ini pun, mengklaim bahwa penemuan kali ini menjadi satu dari sepuluh penemuan terbesar dalam satu tahun terakhir.

Sumur Kaliberau Dalam 2X (KBD2X), Sumatra Selatan, yang ditajak pada 20 Agustus 2018 telah memberikan estimasi awal setidaknya 2 TCF dari sumber daya yang dapat dipulihkan. Adapun lokasi sumur berada sekitar 60 Km dari lapangan gas Suban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper