Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembangan Terminal Penumpang Tanjung Balai Asahan Tuntas

Pengembangan Terminal Penumpang Teluk Nibung, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, selesai 100% secara fisik dan siap beroperasi April.
Ilustrasi - Terminal penumpang/Antara-Rosa Panggabean
Ilustrasi - Terminal penumpang/Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, TANJUNG BALAI - Pengembangan Terminal Penumpang Teluk Nibung, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, selesai 100% secara fisik dan siap beroperasi April.


Berdasarkan pantauan Bisnis, terminal internasional yang direnovasi mulai 2017 ini telah dilengkapi dengan ruang karantina ikan, karantina pertanian, dan pemeriksaan imigrasi.  Terminal yang dimodernisasi dengan investasi Rp34,7 miliar itu tinggal dilengkapi dengan interior.


General Manager PT Pelindo I (Persero) Cabang Tanjungbalai Asahan Aulia Rahman Hasibuan mengatakan bahwa perseroan tidak hanya mengembangkan  terminal kargo untuk meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan, tetapi juga terminal penumpang.


Berdasarkan data Pelindo I, arus penumpang di Tanjung Balai Asahan selama 2018 sebanyak 56.421 orang dengan tujuan Port Klang dan Port Hutan Melintang. “Harapannya, pascamodernisasi ini kenyamanan pengguna jasa transportasi laut akan semakin meningkat,” kata Aulia.


Terminal penumpang Teluk Nibung memiliki bangunan dua lantai dengan luas 1.480,5 m2 yang terdiri atas lantai satu 790,8 m2 dan lantai dua 689,7 m2. Bangunan itu mampu menampung sekitar 800 orang, lebih dari dua kali lipat kapasitas terminal eksisting yang hanya 300 orang. 


Lantai satu digunakan untuk area check in, bea cukai, imigrasi untuk kedatangan, ruang VIP, dan ruang karantina. Lantai dua difungsikan untuk ruangan imigrasi untuk keberangkatan, ruang tunggu penumpang, dan coffee shop


Pelabuhan nantinya pun dilengkai dengan Teluk Nibung Food Court yang akan menyediakan berbagai menu makanan. 


VP Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami berharap bangunan terminal penumpang modern yang didesain bak kerang menjadi ikon baru Kota Tanjung Balai Asahan yang menarik animo wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Sumatra Utara.  Dia mengatakan penataan terminal penumpang memang menjadi salah satu fokus Pelindo I. 


Beberapa terminal di bawah pengelolaan Pelindo I yang sudah berubah menjadi terminal penumpang modern dengan fasilitas setara bandara a.l. Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Sibolga, dan Pelabuhan Tanjung Balai Asahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper