Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Ingatkan Millenial Agar Tampil Tangguh

Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada generasi milenial bahwa masa depan Indonesia adalah milik orang-orang yang berani bekerja keras.

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada generasi milenial bahwa masa depan Indonesia adalah milik orang-orang yang berani bekerja keras.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di hadapan puluhan milenial dalam Festival Terampil di The Kasablanka Hall, Sabtu (9/2/2019).

"Jadi saya ingin anak-anak muda kita jangan sampai kita gampang mengeluh kalau menghadapi sebuah problem, sebuah persoalan. Karena di situlah kita bisa belajar banyak dari sebuah masalah, kita bisa belajar banyak dari problem-problem kehidupan," katanya.

Jokowi pun membagikan kisah singkat kehidupannya yang sempat tinggal di pinggir kali. Tetapi, dia mengungkapkan hal tersebut justru karakternya sebagai sebuah pribadi menjadi tertempa.

Berawal dari hidupnya yang serba sulit dan kekurangan, Jokowi mengemukakan itu memotivasinya untuk menjalani sebuah bisnis. Tanpa modal dan tanpa agunan, dia pun bercerita berhasil membangun usaha furnitur berskala ekspor di Solo.

"Apa yang saya jual? Hanya satu kepercayaan, gak ada yang lain, dan kerja keras dan kerja super keras. Saya lihat kalau orang lain kerja dari jam 8 sampai jam 4, saya kerja subuh sampai tengah malam karena saya tidak punya kelebihan," tambahnya.

Namun, dengan perubahan landskap teknologi yang massif saat ini, Jokowi menyatakan kaum milenial memiliki kesempatan besar untuk memanfaatkan perubahan tersebut.

"Ada fashion stylist, ada barista, ada fotografi. Macam-macam dan itu bisa menghasilkan semua dan tidak sedikit," ungkapnya.

Oleh karena itu, dia mengapresiasi adanya Festival Terampil ini untuk mengasah kemampuan dan ketrampilan millenial. Tak hanya itu, dengan adanya kelas-kelas yang mengajarkan ketrampilan khas masa kini, Jokowi berharap generasi muda dapat melihat peluang bisnis lebih luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper