Lion Air Group Diingatkan Agar Lakukan Ini Sebelum Terapkan Bagasi Berbayar

Kementerian Perhubungan meminta Lion Air Group menggencarkan sosialisasi tarif prepaid baggage terkait dengan penerapan bagasi tercatat berbayar.
Rio Sandy Pradana | 08 Februari 2019 23:14 WIB
Petugas menjemput bagasi pesawat Lion Air, di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Sabtu (11/3/2017). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan meminta Lion Air Group menggencarkan sosialisasi tarif prepaid baggage terkait dengan penerapan bagasi tercatat berbayar.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti meminta maskapai milik Rusdi Kirana tersebut untuk menindaklanjuti setiap keluhan penumpang terkait bagasi berbayar dengan menyampaikan tindak lanjut yang dilakukan secara proporsional. Diharapkan selalu memberikan informasi yang mengedukasi penumpang baik melalui media elektronik, media cetak maupun media sosial.

Dia juga mendukung kebijakan yang keluarkan Lion Group terkait harga excess baggage ticket (EBT) atau pembelian bagasi langsung saat check in. Kebijakan ini diharapkan mampu meringankan pengguna angkutan udara dari Lion Group dengan harga EBT yang disesuaikan tersebut.

"Sosialisasi bisa dilakukan dengan membuat infografis mengenai daftar harga tarif bagasi prepaid maupun EBT untuk semua rute yang dilayani. Juga terkait batasan bagasi prepaid yang dapat dibeli oleh penumpang," kata Polana dalam siaran pers, Jumat (8/2/2019).

Pihaknya menilai Lion Group selama ini belum maksimal mensosialisasikan tarif bagasi dengan cara prepaid maupun EBT sehingga banyak pengguna jasa angkutan udara belum mengetahui cara pembelian bagasi yang tepat.

Sebelumnya, sesuai permintaan Kementerian Perhubungan, Lion Group yang menerapkan bagasi berbayar, mengeluarkan kebijakan penyesuaian EBT yang mulai efektif sejak 7 Februari 2019.

EBT merupakan tata cara pembelian bagasi di check in counter, sedangkan prepaid merupakan tata cara pemesanan voucher bagasi pada saat reservasi tiket pesawat 6 jam sebelum keberangkatan. Tarif EBT merupakan harga normal yang sedikit lebih mahal dibandingkan prabayar.

Mahalnya tarif EBT menimbulkan banyak keluhan para penumpang setelah diterapkannya bagasi berbayar oleh Lion Group.

Tag : lion air
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top