Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ESDM Mulai Kembangkan EBT Industri Argo

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan penandatanganan naskah Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) ESDM dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). MoU terkait Kerja Sama Pengembangan, Pemanfaatan Teknologi Berbasis Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi.
Archandra Tahar./Antara-Puspa Perwitasari
Archandra Tahar./Antara-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan penandatanganan naskah Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) ESDM dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). MoU terkait Kerja Sama Pengembangan, Pemanfaatan Teknologi Berbasis Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi.

Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar menyampaikan bahwa tujuan kerja sama ini adalah untuk melakukan pengembangan Industri Agro - Energi di NTB dan sekaligus juga peningkatan pasokan bahan bakar nabati berbasis tanaman lokal, seperti tanaman Sorgum dan Rumput Gajah (Napier Grass). Arcandra menegaskan agar hasil nota kesepahaman ini tidak hanya sekedar tulisan di buku, namun memberikan manfaat yang nyata bagi pemerintah setempat.

"Tujuan nota kesepahaman ini kalau hasilnya hanya kertas (dokumen), saya tidak mau. Saya tidak mau memberikan harapan palsu kepada bapak gubernur," katanya melaui keterangan resmi Jumat (8/2).

Kerja sama ini juga didukung PT Pertamina, PT Rajawali Nusantara Indonesia dan Toyota Motor Corporation dalam pengembangan bioethaol di Provinsi NTB. Pemerintah Provinsi NTB menawarkan penggunaan lahan hutan produksi (HTP) dengan luas 33.000 hektar di Kabupaten Lombok Utara untuk budidaya tanaman yang cocok untuk pengembangan bahan bakar nabati.

"Kami sangat bangga sebagai daerah yang menginisiasi program bioetanol. Dengan adanya mitra seperti astra dan pertamina ekspansi ke wilayah Indonesia timur, saya melihat masa depan SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia Timur kedepannya. Dan tugas kita memfasilitasinya semua," terang Gubernur NTB, Zulkieflimansyah Zulkieflimansyah.

Badan Litbang ESDM melalui Puslitbangtek KEBTKE memiliki kemampuan dan pengalaman dalam studi dan pengembangan bahan bakar nabati. Puslitbangtek KEBTKE melakukan penelitian dan pengembangan bioetanol berbasis nira sorghum manis dan telah bekerja sama dengan Universitas Mataram untuk membangun trial plot di Lombok Utara.

Ruang lingkup kesepakatan dari MoU yang ditandatangani hari ini meliputi:

Evaluasi teknis, ekonomi dan hukum untuk pengembangan dan/atau negosiasi kesepakatan dalam mempercepat pengembangan dan pemanfaatan teknologi berbasis energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

Peningkatan pendidikan dan kompetensi sumber daya manusia dan/atau lembaga, penyediaan tenaga ahli, dan tukar-menukar informasi dan ilmu pengetahuan.

Pemanfaatan dan/atau implementasi hasil pengembangan teknologi berbasis energi baru, terbarukan dan konservasi energi untuk pembangkit listrik dan/atau pemanfaatan lain dan pemberdayaan masyarakat.

Optimalisasi dan pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan teknologi berbasis energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

Penyediaan lahan dan perizinan untuk pengembangan teknologi berbasis energi baru, terbarukan.

Sosialisasi pengembangan teknologi berbasis energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper