Sinarmas Land Kembangkan Kantor Ramah Lingkungan. Apa Itu?

Pengembang properti Sinarmas Land mengembangkan gedung ramah lingkungan bertajuk Green Office Park 9 (GOP 9).
Mutiara Nabila | 07 Februari 2019 17:19 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Pengembang properti Sinarmas Land mengembangkan gedung ramah lingkungan bertajuk Green Office Park 9 (GOP 9).

Sinarmas Land menggunakan pendekatan 'passive effort' dalam konstruksi GOP 9 untuk mengurangi beban panas dengan orientasi bangunan, facade skin yang melindungi kaca sekaligus elemen dekoratif, bangunan single corridor dengan wilayah pusat yang memiliki full cross ventilation, juga dilengkapi sensor cahaya untuk mengurangi beban energi pada pencahayaan.

Adapun, untuk pendekatan 'Active effort' diterapkan dengan memilih peralatan yang efisiensinya di atas standar SNI, baik AC, penerangan, fixture air dan menggunakan water recycling untuk mengurangi penggunaan air.

Head of Corporate Governance & Sustainability Sinarmas Land Ignesjz Kemalawarta menguraikan, pada era 1980-an, sumber daya masih melimpah dan pemanasan global belum menjadi fakta yang menakutkan. Kini menatap masa depan untuk ikut memperbaiki kondisi lingkungan, tidak ada jalan lain selain semua pihak berupaya menerapkan efisiensi energi dan air serta menerapkan low carbon development.

"Pengembang juga sekaligus harus memperhatikan penggunaaan material yang sesuai kaidah lingkungan dalam penataan sebuah Green Building," ujarnya dikutip dalam keterangan resmi, Kamis (7/2/2019).

Lebih dalam, Ignesjz menjelaskan bahwa dengan penerapan efisiensi energi pihak pengelola gedung akan diuntungkan dengan berkurangnya biaya energi, yang juga yang akan menurunkan biaya operasional bangunan dan akan lebih tahan terhadap kenaikan biaya energi di masa mendatang.

Proyek BSD GOP 9 dikembangkan di dalam kawasan Green Office Park BSD City, mengacu pada konsep Green District sebagai usaha Sinarmas Land untuk memenuhi komitmen dalam pelestarian lingkungan.

"Hal ini berarti semua bangunan di kawasan akan dibangun dengan konsep low rise, memiliki Koefisien Dasar Bangunan [KDB] 25%-35%, serta memiliki fasilitas pengelolaan air dan sampah sesuai dengan standar dari Green District," imbuhnya.

Dalam kawasan BSD GOP ini terdapat sembilan gedung perkantoran dan The Breeze sebuah 'Mall Without Wall' khusus Food and Beverages yang memiliki fitur-fitur Green, yakni Microclimate Optimization, Green Transport and Integrated Parking, serta Sustainable Management Practice.

Kawasan tersebut memiliki jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang terlindung di sepanjang jalan utama, fasilitas parkir sepeda dan shower room, shuttle bus yang khusus berada dalam distrik, serta lahan parkir yang terintegrasi dalam menjaga kawasan ini sebagai Green District.

Tag : sinar mas land, sinarmas land
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top