PLN Gelonotorkan Investasi Rp98,4 Triliun Sepanjang 2018

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengalokasikan dana investasi sebesar Rp123 triliun sepanjang tahun lalu, tetapi hanya terealisasi sekitar 80% atau Rp98,4 triliun.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 06 Februari 2019  |  21:05 WIB
PLN Gelonotorkan Investasi Rp98,4 Triliun Sepanjang 2018
Direktur Utama PLN Sofyan Basir saat melayani laporan pengaduan dari pelanggan di Posko Pengaduan Pelanggan Kantor PLN Area Palu pada hari Selasa (9/10). - Dok.PLN

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengalokasikan dana investasi sebesar Rp123 triliun sepanjang tahun lalu, tetapi hanya terealisasi sekitar 80% atau Rp98,4 triliun.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan bahwa hal itu lantaran menyesuaikan dengan pertumbuhan permintaan listrik. Namun, Sofyan juga menjamin bahwa perencanaan proyek berjalan sesuai rencana, lantaran terjadinya penyesuaian.

Sofyan bahkan menyebut bahwa jumlah pinjaman dibandingkan dengan jumlah investasi jauh lebih besar penambahan asetnya.

“Pertumbuhan listrik sesuai pemrintaan, kalau permintaan turun transmisi juga turun pembangkit juga. Namun, pada tahun lalu itu tercapai kok. Pembayarannya berkurang tapi kontraknya jadi. Ada penyesuaian dan efisiensi. Lebih bagus malah kan,” ungkapnya, Senin (6/2/2019).

Sementara itu, Direktur PLN Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Djoko Rahardjo Abumanan mengatakan antara investasi dan pengeluaran bisa lebih rendah dikarenakan efisiensi biaya investasi, adanya masa pemeliharaan dari progress fisik yang bisa diselesaikan terlebih dahulu.

Sementara untuk tahun ini, dia memperkirakan biaya investasi senilai Rp99 triliun dengan realisasi perkiraan bayar di kisaran Rp80 triliun. Porsi pengeluaran paling banyak untuk transmisi sedangkan pembangkit lebih banyak dilepas kepada swasta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN

Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top