Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Gelonotorkan Investasi Rp98,4 Triliun Sepanjang 2018

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengalokasikan dana investasi sebesar Rp123 triliun sepanjang tahun lalu, tetapi hanya terealisasi sekitar 80% atau Rp98,4 triliun.
Direktur Utama PLN Sofyan Basir saat melayani laporan pengaduan dari pelanggan di Posko Pengaduan Pelanggan Kantor PLN Area Palu  pada hari Selasa (9/10)./Dok.PLN
Direktur Utama PLN Sofyan Basir saat melayani laporan pengaduan dari pelanggan di Posko Pengaduan Pelanggan Kantor PLN Area Palu pada hari Selasa (9/10)./Dok.PLN

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengalokasikan dana investasi sebesar Rp123 triliun sepanjang tahun lalu, tetapi hanya terealisasi sekitar 80% atau Rp98,4 triliun.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan bahwa hal itu lantaran menyesuaikan dengan pertumbuhan permintaan listrik. Namun, Sofyan juga menjamin bahwa perencanaan proyek berjalan sesuai rencana, lantaran terjadinya penyesuaian.

Sofyan bahkan menyebut bahwa jumlah pinjaman dibandingkan dengan jumlah investasi jauh lebih besar penambahan asetnya.

“Pertumbuhan listrik sesuai pemrintaan, kalau permintaan turun transmisi juga turun pembangkit juga. Namun, pada tahun lalu itu tercapai kok. Pembayarannya berkurang tapi kontraknya jadi. Ada penyesuaian dan efisiensi. Lebih bagus malah kan,” ungkapnya, Senin (6/2/2019).

Sementara itu, Direktur PLN Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Djoko Rahardjo Abumanan mengatakan antara investasi dan pengeluaran bisa lebih rendah dikarenakan efisiensi biaya investasi, adanya masa pemeliharaan dari progress fisik yang bisa diselesaikan terlebih dahulu.

Sementara untuk tahun ini, dia memperkirakan biaya investasi senilai Rp99 triliun dengan realisasi perkiraan bayar di kisaran Rp80 triliun. Porsi pengeluaran paling banyak untuk transmisi sedangkan pembangkit lebih banyak dilepas kepada swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper